27 Oktober 2016

5 Proyek Luar Angkasa Masa Depan Paling Spektakuler

Tags

Tipsiana.com - Seiiring berjalannya waktu, kini kisah fiksi ilmiah semakin hari terus mendekati dan berubah menjadi fakta ilmiah. Lima rencana mega proyek luar angkasa yang akan Anda simak ini menjadi pembuktian opini tadi.

Bayangkan bagaimana perlengkapan dan personel akan bisa dikirim ke luar angkasa lewat lift raksasa, atau di masa datang, akan lahir sebuah negara luar angkasa pertama yang akan mengorbit nun jauh diatas bumi. Bahkan, mimpi seorang Elon "Iron Man" Musk untuk bisa "menjajah" dan membentuk koloni di planet Mars kini semakin mendekati kenyataan.


Meski terdengar tak masuk akal dan mengalami banyak kendala, para jenius dunia terus berusaha mengembangkan kemampuannya untuk merealisasikan rencana mereka. Proyek-proyek ini begitu spektakuler dan mengesankan serta menjadi pembuktian betapa dashyatnya imajinasi dan kepintaran manusia.

1. Lift Luar Angkasa

Metode pengiriman manusia dan perlengkapannya ke luar angkasa saat ini ke stasiun luar angkasa ISS (Intrnational Space Station) menggunakan pesawat ulang alik, wahana ini melakukan tugasnya dengan baik, tapi di tiap misinya, resiko bahaya pesawat meledak sangat tinggi, belum lagi biaya yang dikeluarkan sangat besar dengan efisiensi rendah.


Dari sini, para ahli merencanakan membangun lift ke luar angkasa, yang akan akan membutuhkan sebuah tali raksasa yang ditambatkan disebuah area khusus di bumi dan mengarah langsung ke luar angkasa. Ide lift luar angkasa telah berkembang sejak abad ke-19.

Dengan lift ini, astronot, suplai penyokong hidup dan peralatan dapat dengan mudah di kirim ke ISS. Meski teknologi yang ada saat ini belum memadai untuk memberikan bahan yang cukup kuat untuk membangun mega lift ini, namun ilmuwan yakin tak perlu menunggu terlalu lama untuk mewujudkannya.

2. Menambang Asteroid

Sumber energi tak terbarukan semakin hari semakin menipis di bumi. Sebaliknya, kebutuhan energi semakin meningkat seiring perkembangan peradaban. Ketakutan akan kehabisan SDA ini membuat para ilmuwan inovatif mencari kemungkinan untuk melakukan eksploitasi ke luar angkasa. Dan sasaran paling mungkin adalah melakukan penambangan asteroid yang mengandung mineral dan logam berharga.


Berbagai usulan telah diajukan, mulai dari menggunakan pesawat ulang-alik untuk menuju asteroid atau menggunakan pencetakan 3D untuk membuat propulsi pendorong dan sistem navigasi ke asteroid agar asteroid bisa dipandu dari jarak jauh untuk di dekatkan ke bumi.

Saat ini, biaya untuk merealisasikan metode-metode tersebut masih mahal, namun ada perusahaan di luar sana yang telah secara eksplisit menyatakan bahwa mereka akan mencari asteroid yang layak untuk ditambang dalam lima tahun ke depan. Sepertinya, mereka akan mengejar asteroid yang mengandung logam mulia seperti emas.

3. Kolonisasi Planet Mars

Membuat koloni manusia di planet Mars telah menjadi mimpi manusia sejak dulu, dan kini semakin banyak pihak yang mengumumkan keinginan mereka untuk membangun tempat tinggal disana. NASA milik AS telah menyatakan akan membuat koloni pada tahun 2030-an.


Milyarder teknologi yang dijuluki Iron Man dunia nyata, Elon Musk, mendirikan SpaceX, yang fokus melakukan tujuan tunggal; mengirim manusia ke Mars. Dia menyatakan langkah pertama membuat pemukiman manusia di Mars hanya tinggal 11 sampai 12 tahun lagi.

Dan 'last but not least', inisiatif lain muncul dari Belanda, yang disebut proyek Mars One, yang bertujuan untuk membentuk koloni permanen di Mars pada tahun 2027. Bahkan calon penghuni planet ini telah dipilih.


4. Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Luar Angkasa

Alternatif lain untuk mencari sumber energi di tengah krisis energi di bumi adalah dengan membangun PLTS di luar angkasa. Menghasilkan energi di luar angkasa memiliki banyak keuntungan, seperti kemampuannya untuk di ekspor ke hampir setiap tempat di bumi, dan dapat digunakan untuk desalinasi (menghilangkan garam) air laut.


Listrik yang dihasilkan di luar angkasa akan dikirimkan lewat gelombang ke bumi melalui satelit dengan dampak lingkungan minimal. Selain itu, negara-negara yang mengembangkan pembangkit listrik tenaga matahari di luar angkasa akan menghilangkan kompetisi sumber daya dalam negeri dan mampu lepas dari tekanan asing yang biasanya memanfaatkan ketersediaan pasokan energi untuk berpolitik.

Industri berat milik Mitsubishi Jepang telah berhasil mengirimkan 10 kilowatt energi listrik lewat gelombang yang ditransmisikan ke receiver. Ini berarti memanen energi di luar angkasa dan mengirimkannya ke bumi akan segera menjadi kenyataan.

5. Asgardia, Negara Luar Angkasa Pertama

Jika nama ini terdengar familiar, ini karena Asgardia terinspirasi dari nama kerajaan para dewa yang terpisah dari bumi manusia dalam mitologi Norwegia; Asgard. Jika nantinya ia lepas landas dari bumi, Asgardia akan menjadi negara pertama yang berada di luar angkasa. Asgardia akan berfungsi sebagai negara berdaulat yang memiliki rakyat yang hidup, bekerja dan mengikuti hukum mereka sendiri.


Igor Ashurbeyli, orang yang memimpin inisiatif ini, ingin Asgardia mendapat pengakuan dari PBB. Mereka menggambarkan Asgardia adalah bangsa eksplorasi ilmiah yang bebas dari pembatasan geopolitik.

Selain bergabung dengan PBB, Asgardia akan menjadi pencipta sebuah bangsa yang hidup diluar angkasa dengan dukungan teknologi tinggi. Mereka akan melengkapi negaranya dengan perisai canggih yang melindungi dari ancaman kosmis, senjata manusia dan bencana alam (tubrukan puing luar angkasa, coronal mass ejection dan tabrakan asteroid).

Proyek ini setidaknya baru akan terialisasi berpuluh tahun ke depan. Tapi paling tidak, ini merupakan upaya serius pertama kalinya yang dibuat manusia untuk membentuk sebuah negara di luar angkasa. Bahkan, kini Asgardia membuka pendaftaran untuk menjadi warga negaranya.

loading...