26 September 2016

Cara Ketahui Kemampuan Mata Anda Melihat Warna

Tags

Tipsiana.com - Kemampuan melihat warna tiap orang ternyata berbeda-beda. Penyebabnya adalah perbedaan jumlah reseptor warna di dalam mata yang dimiliki tiap orang. Reseptor warna, atau sering juga disebut sel kerucut adalah sel penerima sinar di dalam retina yang bertanggungjawab terhadap penglihatan mata.

Untuk mengetahui kemampuan mata Anda mendeteksi berbagai warna, sebuah tes yang diciptakan Prof Diana Derval dapat Anda lakukan. Dengan tes ini, Anda akan bisa mengetahui seberapa baik mata Anda melihat dunia, dan dapat membandingkannya dengan kemampuan melihat warna orang lain.


Caranya sangat sederhana; hitunglah jumlah warna yang ada dalam foto spektrum warna diatas. Dari total jumlah warna yang bisa Anda lihat, maka kemampuan mata Anda adalah:

Jika melihat kurang dari 20 warna

Anda termasuk orang dengan penglihatan dikromat . Jenis penglihatan ini hanya memiliki dua jenis sel reseptor warna yang menyebabkan orang tersebut menjadi buta warna. Penglihatan ini dapat disamakan dengan penglihatan anjing yang hanya bisa melihat wana coklat, kuning dan biru namun memiliki area tangkapan yang lebih luas dari manusia. 25% populasi manusia adalah buta wana atau dikromat.

Melihat warna dengan jumlah antara 20 hingga 33 warna

Anda memiliki penglihatan trikromat. Ini berarti mata Anda memiliki tiga jenis sel reseptor warna. Anda dapat melihat warna ungu, biru tua, hijau dan merah dengan baik. Ini adalah kondisi normal, 50% penduduk dunia memiliki jenis penglihatan ini.


Melihat jumlah warna antara 34 hingga 39

Anda istimewa, karena memiliki penglihatan tetrakromatik. Ini hampir mirip dengan penglihatan lebah. Yang membedakannya hanyalah, Anda tidak mampu melihat spektrum ultra violet yang bisa dilihat lebah namun tak bisa dilihat mata manusia. Anda memiliki empat jenis reseptor warna yang berbeda dan mampu melihat mayoritas warna yang ada dalam spektrum. Anda mungkin tidak menyukai warna kuning. Hanya 25% populasi dunia yang mampu melihat semua warna dalam gambar spektrum diatas.

Pada kondisi amat langka, seorang berjenis penglihatan tetrakromatik bahkan mampu melihat hingga 100 juta warna. Concetta Antico, seorang yang memiliki kemampuan langka ini, melihat langit malam berwarna safir dan violet dan sebuah mawar merah muda terlihat berwarna emas dan biru langit.

Kini cobalah membandingkan hasil tes ini dengan teman. Mungkin Anda adalah orang dengan jenis penglihatan tetrakromatik namun belum menyadarinya sampai membaca artikel ini.

loading...