10 Agustus 2016

Potret Perubahan Kota-Kota Besar Dunia Dulu dan Kini

Tags

Tipsiana.com - Seiring bergulirnya waktu, dunia selalu mengalami perubahan dinamis. Pelan namun pasti, semua yang kita temui takkan lagi sama seperti dulu. Jalan tikus yang dulu kita susuri saat masih anak-anak, kini mungkin telah berubah menjadi jalan raya beraspal yang ramai. Bangunan di kota-kota besar pun berangsur mulai berganti dengan gedung baru yang lebih tinggi dan megah.

Pertumbuhan populasi dunia yang melejit, revolusi iptek dan perkembangan ekonomi negara mengambil peran besar atas perubahan wajah dunia modern. Dalam seratus tahun terakhir, dunia telah mengalami perubahan yang luar biasa.

Lewat foto-foto dulu dan kini dari beberapa kota besar dunia, kita bisa melihat dan membandingkan betapa besar perkembangan kota-kota tersebut.

Shanghai, China


Perkembangan kota ini terbilang unik. Disatu sisi kota tampak tak terlalu banyak berubah. Namun diseberangnya, sejumlah bangunan pencakar langit tampak menjulang.

Macau, China


Di tahun 1964, Macau berada di bawah kontrol Portugis. Hari ini, Macau telah kembali dikuasai China. Selain beberapa gedung tinggi yang dibangun, banyak orang setuju bahwa dalam kurun waktu 52 tahun terakhir, pembangunan kota ini stagnan.

Toronto, Kanada


Di tahun 1930-an, Toronto tampak tak lebih dari sebuah provinsi sederhana. Kini kota tersebut menjelma menjadi sebuah kota modern yang indah.

Long Beach, California


Long Beach tampak sepi di tahun 1953. Tapi hari ini, pelabuhannya tampil impresif dan hamparan pesisirnya dipenuhi beragam kegiatan manusia.

Dubai, Uni Emirat Arab


Hanya terpaut 11 tahun, kota Dubai telah mengalami perubahan drastis yang luar biasa. Kini, Dubai dipenuhi gedung-gedung mewah dan ulau-pulau buatan yang menjadikannya sebagai satu dari kota paling indah di dunia.


Chicago, Illinois


Chicago di tahun 1937 banyak memiliki rel kereta api, yang kini telah berganti menjadi taman kota. Penduduk Chicago masa kini sepertinya punya banyak uang untuk membeli perahu yacht.

New York City, New York


Pada tahun 1962, New York dipenuhi oleh masyarakat kelas menengah. Kini, kota ini dipenuhi oleh orang-orang kaya sekaligus masyarakat miskin. Daerah perkotaannya tampak semakin membesar dan Freedom Tower angkuh menjulang. Yang tak berubah dari kota ini adalah kabut asapnya.

Istanbul, Turki


Kapal-kapal bot telah banyak berubah selama 111 tahun ini. Namun dibanyak sisi, kota ini seperti tak tersentuh oleh waktu. Tapi disitulah keindahannya. Bayangkan bila gedung-gedung tinggi memenuhi kota Istanbul, pemandangan indah nan agung dari Masjid Aya Sofia akan tenggelam.

Melbourne, Australia


Kota Melbourne telah mengalami perkembangan industrialisasi dalam kurun 96 tahun belakangan. Ia kini memiliki stadion olahraga, banyak gedung pencakar langit dan pelabuhan yang bagus. Melbourne benar-benar mengalami transformasi yang indah, mengubahnya menjadi salah satu tujuan wisata yang didambakan para turis.

Kuala Lumpur, Malaysia


Pada tahun 1920-an, Kuala Lumpur tampak mirip seperti kawasan pergudangan. Siapa yang sangka setelah 96 tahun kemudian kota ini berubah menjadi kota metropolis yang impresif.

Jakarta, Indonesia


Kitalah yang paling tahu bagaimana perubahan kota Jakarta dulu dan kini. Kota yang lalu lintasnya tergolong masih lengang di tahun 1970-an, kini telah berubah menjadi lautan kemacetan yang merebak di setiap jalan protokol kota ini. Namun tak dipungkiri, Jakarta kini telah menjadi kota metropolitan yang megah dan mengagumkan.


Baca juga : Potret Kota Medan Tempo Dulu dan Kini

Sumber : boredpanda.com

loading...