11 Agustus 2016

Inilah Ukuran Luas Indonesia Sebenarnya Dibanding Negara Lain

Tags

Tipsiana.com - Dengan luas wilayah secara keseluruhan 1,9 juta km2, Indonesia adalah negara terbesar ke-13 di dunia. Tapi pernahkah terpikir, mengapa di peta dunia luas wilayah Indonesia terkesan 'biasa-biasa saja'? Anda akan kaget dengan fakta berikut ini.

Sampai hari ini, para ahli belum satu pendapat tentang bagaimana cara mengggambarkan bentuk dan wilayah bumi yang paling sesuai diatas kertas. Untuk membuat peta dunia, cara kerjanya ibarat menggambar peta bumi di sebuah jeruk, lalu kulit jeruk dikupas dan ditempelkan diatas bidang persegi panjang. Akibatnya gambar wilayah yang makin dekat dengan kutub akan menjadi lebih melebar dibanding bagian bumi lainnya.



Kebanyakan negara menggunakan model proyeksi Gerhardus Mercator sebagai standar peta dunia . Kekurangan terbesar dari model ini adalah negara-negara dan pulau-pulau yang semakin dekat posisinya dengan kutub, secara fisik akan terlihat lebih lebar.

Sebuah situs bernama thetruesize.com akan membantu kita untuk meluruskan pandangan tentang rasio ukuran sebenarnya dari negara-negara di dunia. Kini, mari kita bandingkan ukuran Indonesia dibanding negara lain.

Luas Indonesia dibanding Amerika Serikat



Luas Indonesia dibanding China



Luas Indonesia dibanding Benua Eropa



Luas Indonesia dibanding Rusia



Luas Indonesia dibanding Kanada



Begitu diletakkan di garis lintang negara-negara yang dekat dengan kutub, bentuk peta Indonesia semakin melebar. Ini memperlihatkan bahwa Indonesia ternyata memang sebuah negara besar. Peta bumi yang selalu kita pakai selama ini telah membuat persepsi seolah-olah luas wilayah Indonesia tak seberapa. Padahal, ketika dibentangkan di garis lintang beberapa negara besar diluar khatulistiwa, luas wilayah Indonesia ternyata nyaris sama besar. Sekarang kita akan melihat perbandingan luas wilayah negara-negara di benua Afrika bila dimasukkan ke wilayah Rusia
Bagaimana jadinya bila negara-negara besar kita pindahkan ke garis khatulistiwa? ini hasilnya.

Terakhir, berikut beberapa proyeksi kartografi lainnya yang dibuat para ahli untuk mencoba memberikan gambaran yang realistis tentang geografi bumi.

Proyeksi The Goode Homolosine



Proyeksi The Wagner VI



Proyeksi The Gal-Peters

Kini kita telah mengerti bahwa Indonesia benar-benar sebuah negara besar. Tak ada alasan bersifat inferior dengan negara lain. Semoga bangsa dan negara yang besar ini juga diisi oleh orang-orang yang berjiwa, berprestasi dan berkemauan besar.


loading...