8 Agustus 2016

Efek Berhenti Merokok Pada Tubuh Dari 20 Menit Hingga 15 Tahun Kemudian

Tipsiana.com - Para ahli kesehatan telah berulang kali mengingatkan efek negatif merokok pada tubuh. Tapi bagi kebanyakan orang, untuk bisa berhenti merokok adalah sebuah perjuangan psikologis yang sangat berat. Apalagi biasanya mereka tak menemukan motivasi kuat untuk mengubah gaya hidupnya.

Informasi tentang efek buruk yang terjadi pada tubuh pastinya telah banyak kita dengar dan lihat dari berbagai sumber. Bahkan setiap akan menarik sebatang rokok, peringatan resiko kesehatan yang terpampang di bungkus rokok selalu terlihat. Sayangnya, semua peringatan tersebut dianggap angin lalu oleh para perokok.


Oke, bila peringatan bahaya merokok tak cukup menjadi motivasi untuk membuat kita berhenti merokok, bagaimana bila kita melihat informasi dari sisi yang berbeda. Kita akan berbagi informasi tentang apa yang terjadi pada tubuh ketika berhenti merokok.

Para ahli di Center for Disease and Prevention (CDC), AS, berhasil mengumpulkan data yang menunjukkan perubahan yang terjadi pada orang yang berhenti merokok. Hebatnya, hanya 20 menit setelah Anda menghabiskan rokok terakhir, serangkaian perubahan positif mulai terjadi pada tubuh dan terus membaik bertahun-tahun kemudian.



20 menit

Fungsi jantung Anda mulai normal. Pembuluh darah kapiler dan jaringan vaskular mulai pulih. Aliran darah lancar, dan sensitifitas kaki dan jari-jari tangan Anda mulai meningkat.

12 jam

Kadar karbon monoksida dalam darah menurun, sementara kadar oksigen darah meningkat. Ini membuat komposisi darah kembali normal.

Dari 2 minggu s/d 3 bulan

Resiko terkena serangan jantung menurun drastis. Gejala kecanduan tembakau menghilang. Sirkulasi darah di pembuluh periferal membaik. Jaringan paru-paru memulih dan fungsi paru-paru secara signifikan meningkat.

Dari 1 s/d 9 bulan

Batuk dan mengi akibat merokok berangsur berkurang. Batuk dan mengi tidak bisa segera hilang karena paru-paru butuh waktu untuk menyingkirkan zat-zat berbahaya yang terkumpul dalam jaringannya.

1 tahun

Keinginan untuk merokok menghilang. Warna kulit tubuh menjadi cerah dan kulit kembali kenyal. Resiko terserang penyakit jantung iskemik turun hingga 50%.

5 tahun

Sirkulasi darah kembali normal sepenuhnya. Resiko terserang stroke menurun hingga level yang sama dengan orang yang tidak merokok. Sistem saraf dan imunitas tubuh jauh membaik.

10 tahun

Resiko terserang kanker paru-paru dua kali lebih kecil dibanding perokok. Resiko kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, ginjal dan kanker pankreas berkurang drastis.

15 tahun

Resiko terkena penyakit jantung iskemik dan resiko terserang kanker kita telah benar-benar sama dengan orang yang tidak merokok.

Jadi, bagi para perokok, informasi ini semoga bisa jadi motivasi kuat untuk segera mematikan api rokok Anda selamanya dan mulai menikmati tubuh yang sehat.

Dan bagi para anak muda yang ingin merokok, pertimbangkanlah keinginan tersebut. Ingat, butuh waktu 15 tahun untuk benar-benar menghilangkan efek buruk sebatang rokok yang kalian nyalakan.

loading...