8 Agustus 2016

Dari Logam Mulia Hingga Narkoba, Inilah 16 Material Termahal Di Dunia

Tags

Tipsiana.com - Selama berabad-abad, orang percaya bahwa emas adalah material yang paling mahal di dunia. Emas sebagai logam mulia disebutkan hampir di seluruh catatan sejarah. Meski popularitas emas telah dimulai semenjak sejarah di tulis, pandangan bahwa emas adalah benda termahal tentu saja keliru.

Banyak benda lain yang ternyata harganya jauh lebih mahal dibanding emas. Kali ini Tipsiana mengkompilasi daftar material yang bernilai tinggi, dimulai dari yang termurah hingga termahal. Dari daftar ini Anda akan tahu kalau emas bahkan tak masuk 10 besar material termahal di dunia.


16. Saffron (Kuma-kuma) - Rp.145.000 per gram



Jenis rempah yang satu ini unik, ia adalah kombinasi dari rasa yang fantastis dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. Proses produksi butuh usaha dan waktu yang lama. Tapi aroma dan khasiat saffron tak tertandingi oleh rempah-rempah lainnya.

15. Emas - Rp.600.000 per gram



Logam mulia paling dikenal yang membuat wanita tak bisa berbuat apa-apa tanpanya. Emas telah diagung-agungkan dari waktu ke waktu, dan semua keindahan sering dibandingkan dengan logam mulia ini.

14. Rhodium - Rp.763.000 per gram



Logam dari keluarga platinum ini merupakan logam yang sangat langka. Coba bayangkan, satu ton kerak bumi hanya mengandung  0.001 gram rhodium.

13. Platinum - Rp.790.000 per gram



Ini adalah logam langka dan berharga yang berwarna keperakan. Sama seperti emas, platinum tahan terhadap asam kuat, alkali, dan senyawa lainnya.

12. Metamfetamin - Rp.1,4 juta per gram



Metamfetamin adalah narkoba sintetik berbentuk kristal putih yang efeknya lebih kuat dan tahan lama dibanding amfetamin. Material ini adalah barang haram dan telah merusak begitu banyak generasi muda. Di Indonesia metamfetamin di kenal dengan sebutan sabu-sabu.

11. Cula Badak - Rp.1,5 juta per gram



Cula badak memiliki khasiat untuk pengobatan dan sangat terkenal digunakan sebagai gagang pisau eksklusif. Karena perburuan tak terkendali, populasi badak kini terancam punah. Bahkan untuk menghindari pembantaian badak untuk diambil culanya. Pihak berwenang di negar-negara Afrika banyak yang sengaja memotong cula batak. Meski tanpa cula, badak bisa menjalani hidup lebih tenang.

10. Heroin - Rp.1,7 juta per gram



Ini adalah candu yang mengubah persepsi Anda. Saking berbahayanya, lebih baik kita tak pernah melihat langsung benda ini. Ironisnya, heroin pertama kali dibuat oleh perusahaan Bayer di Jerman pada tahun 1898 yang dipasarkan secara bebas untuk pengobatan TBC serta obat untuk mengatasi kecanduan morfin.

9. Kokain - Rp.3,1 juta per gram



Sebuah obat yang harganya mahal tapi tak memberi kebaikan sedikitpun. Bubuk kristal putih ini adalah narkotika berbahaya dengan efek fatal. Dibanding jenis narkoba lain, ia tergolong mahal dikarenakan kemurniannya.

8. LSD - Rp.40 juta per gram



Zat narkotika psikoaktif, sebuah cara mempercepat kematian yang sangat mahal. Proses produksi narkoba semi sintetis ini terbilang sangat sulit dan ini terihat dari harganya yang selangit.


7. Plutonium - Rp.53 juta per gram



Logam radioaktif berwarna putih keperakan ini adalah bahan bakar utama pembangkit tenaga nuklir. Selain itu, ia juga digunakan sebagai hulu ledak senjata nuklir dan dipertimbangkan untuk digunakan sebagai bahan bakar pesawat ruang angkasa.

6. Painite - Rp.118,5 juta per gram



Batu mulia ini sangat langka dan hanya beberapa orang yang mengetahui keberadaannya. Ia berbentuk mineral berwarna oranye atau kecoklatan, dan baru ditemukan 65 tahun yang lalu. Saat ini, perhiasan Batu Painite hanya ada beberapa ratus buah di dunia.

5. Taaffeite - Rp.263 juta per gram atau Rp.53 juta per karat



Batu mulia sangat berharga yang berwarna ungu, merah atau bening. Batu ini sejuta kali lebih langka dibanding berlian, membuatnya menjadi batu legendaris. Namun mungkin karena terlalu langka, batu ini kalah populer dengan berlian. Alasan inilah yang membuat harganya dibawah harga berlian.

4. Tritium - Rp.395 juta per gram



Isotop radioaktif ringan ini digunakan untuk pencayahaan. Biasa digunakan untuk pencahayaan jam tangan. Butuh biaya sekitar 200 milyar rupiah untuk menghasilkan 1 pon (0,45 kg) tritium.

3. Berlian - Rp.724 juta per gram



Tak perlu banyak bicara, berlian adalah batu paling berharga di dunia dan teman terbaik setiap wanita.

2. Californium - Rp.330 milyar - Rp.350 milyar per gram



Inilah unsur kimia termahal di dunia. Sejak ditemukan pada tahun 1950, unsur ini hanya sekali disintesis.

1. Antimateri - Rp.822 bilyun per gram



Antimateri adalah material paling mahal di muka bumi. Memproduksi satu miligram positron memerlukan biaya Rp.330 milyar. Secara teori,  di masa depan antimateri bisa digunakan sebagai bahan bakar kebutuhan energi manusia dan pesawat luar angkasa. Tapi sampai hari ini, energi yang dibutuhkan untuk membuat satu gram antimateri, sama dengan energi yang digunakan seluruh manusia di bumi bekerja selama setahun penuh.

loading...