14 Agustus 2016

Anak Wajib Tidur Sebelum Jam 9 Malam, Ini Alasannya

Tags

Tipsiana.com - Sewaktu kita masih kanak-kanak, kita pasti pernah mendengar nasehat ayah ibu yang mengatakan kalau anak-anak harus naik ke tempat tidur tepat jam sembilan malam. Waktu berlalu dan kebiasaan itupun tentu saja banyak berubah ketika kita dewasa.

Sayangnya, bila dulu kita begitu patuh untuk tidur sebelum jam sembilan malam, anak-anak jaman sekarang malah sangat sulit disuruh tidur cepat. Padahal, anak-anak memang harus tidur lebih cepat. Ada alasan mengapa kita harus bisa memaksa anak-anak kita untuk bisa tidur lebih dini.

Foto oleh: Mimi Abid , Model: Mhd. Abidal Azmi
Pertumbuhan adalah bagian penting pada kehidupan anak, dan pertumbuhan hanya dapat terjadi saat anak-anak sedang tidur. Keluarnya hormon pertumbuhan mencapai puncaknya selama tahap keempat fase tidur, yakni sekitar jam 0.30 malam. Jika anak tetap terjaga dan baru tidur setelah lewat tengah malam, waktu untuk produksi hormon pertumbuhan menurun dan anak dapat mengalami gangguan pertumbuhan.

Disamping itu, penelitian membuktikan bahwa anak yang cukup tidur akan lebih produktif, lebih fokus dan lebih mudah belajar dan menyerap informasi di sekolah. Anak-anak yang memiliki kebiasaan tidur yang sehat juga akan memiliki resiko lebih kecil terserang penyakit Alzheimer sewaktu mereka dewasa nanti. Dokter mengatakan, hanya ada dua hal yang bisa memperlambat perkembangan penyakit tersebut: tidur yang cukup dan berolahraga.

Para orangtua harus mengontrol kebiasaan keturunannya. Jelas bahwa malam adalah satu-satunya waktu yang bisa Anda gunakan untuk bersantai setelah bekerja seharian. Tapi jangan lupa bahwa anak-anak Anda akan mencontoh kebiasaan orangtuanya. Jadi, mengontrol kebiasaan tidur anak adalah tugas yang penting untuk menciptakan pola hidup teratur dan pada gilirannya akan berpengaruh positif pada kesehatan anak, baik kesehatan fisik maupun mentalnya.


Bagaimana cara merubah kebiasaan anak agar bisa tidur tepat pada waktunya?


  • Situasi disekitarnya harus berubah secara radikal. Itu artinya Anda tidak hanya harus memaksa anak agar tidur cepat, tapi juga harus mencoba mengubah pola tidur seluruh keluarga. Bila anak selagi di tempat tidur masih melihat nyala lampu dan mendengar suara orangtuanya mengobrol atau menonton TV, ia secara otomatis akan berasumsi kalau ini masih waktunya bermain, melompat, atau melakukan hal apapun selain tidur.
  • Solusi terbaik lainnya adalah dengan memadukan beberapa ritual menjelang tidur kedalam rutinitas malam Anda. Contohnya, Anda bisa membacakan sesuatu kepada anak sebelum tidur. Setelah beberapa hari melakukan hal tersebut, anak Anda akan menganggap bila Anda membacakan cerita kepadanya, itu berarti waktunya untuk tidur.
  • Faktor penting lainnya yang akan membantu anak tidur cepat adalah pencahayaan di kamar tidur anak. Dipercaya kalau warna lampu kuning lembut akan membuat tubuh rileks dan bersiap untuk tertidur.
  • Saran lainnya adalah dengan mematikan seluruh gadget Anda sebelum tidur. Ketika Anda memakai komputer dan ponsel di malam hari, Anda telah memberikan contoh buruk kepada anak dan mereka pasti akan meniru kebiasaan Anda.
  • Dan jangan lupakan berolahraga. Berjalan kaki atau sekedar bermain-main selepas makan malam akan meningkatkan pola tidur yang sehat. Badan lelah akan mempermudah tidur nyenyak.

Jangan abaikan aturan-aturan ini. Faktanya, dengan membiasakan diri tidur lebih awal saat muda akan memberikan hasil yang baik. Anak-anak Anda akan tumbuh menjadi sehat dan aktif ketika dewasa nanti.

Sumber : http://www.porquenosemeocurrio.com/2016/07/psiquiatra-demuestra-que-los-ninos-que.html

loading...