31 Agustus 2016

9 Cara Mudah Bedakan Parfum Asli Dengan Palsu

Tags

Tipsiana.com - Pemalsuan parfum bermerek sudah bukan berita baru. Kita biasa melihat parfum-parfum dengan merek palsu bertebaran di pasar loak. Namun jangan salah, parfum palsu ternyata juga sering lolos dan dijual di toko-toko besar.

Membeli parfum palsu tidak hanya dapat membuat Anda menjadi kesal dan merasa tertipu, tapi juga bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Untuk mencegah membeli parfum bermerek yang palsu, ada beberapa tanda yang akan membantu Anda mengidentifikasi kepalsuannya, bahkan meski ia tampak begitu mewah dan asli.

Berikut adalah beberapa tips terbaik yang akan membantu Anda memperoleh parfum yang 100% asli.

Periksa plastik pembungkusnya


Parfum asli biasanya memiliki plastik pembungkus yang cukup tebal dan melekat sempurna dengan kotaknya. Platik pembungkus yang berkerut dan melekat tidak sempurna adalah tanda-tanda parfum palsu.

Keliman plastik yang tidak rapi


Jika plastik pembungkus kotak parfum disegel dengan tidak rapi (keliman plastik lebih dari 5 mm dan tidak merata atau ada lem tersisa diatasnya), maka parfum tersebut dipastikan palsu. Pembungkus parfum asli selalu memiliki keliman sempurna.

Kotak karton


Kemasan parfum asli terbuat dari bahan karton berkualitas tinggi dan dirancang untuk melindungi botol dari kerusakan. Itulah sebabnya di dalam botol ada karton tambahan dengan bentuk khusus yang membuat botol parfum tetap kokoh sehingga terlindung dari benturan. Kertas karton parfum asli biasanya berkonstruksi padu dan berwarna putih, tidak keabu-abuan.

Label dan Inkripsi


Perhatikan lingkaran emas pada gambar diatas. Arah anak panah ke kanan seharusnya berwarna gelap dan panah ke kiri lebih terang. Jika terbalik, parfum tersebut palsu.
Saat membeli parfum, jangan sungkan untuk mengecek situs pembuat parfum untuk melihat informasi parfum. Cocokkan apakah informasi yang ada di situs sama dengan yang tercantum di kemasan. Bahkan bila ada ketidaksamaan sekecil apapun telah menjadi tanda bahwa parfum yang akan Anda beli adalah palsu.

Disain


Bila kita melihat-lihat di deretan rak toko parfum, kita dapat melihat beberapa parfum yang disain botolnya sangat mirip dengan disain botol parfum ternama. Trik sederhana ini biasa dilakukan produsen licik untuk melindungi diri dari gugatan pengadilan. Jadi jangan lupa memeriksa kembali merek dan bentuk botol parfum asli yang akan Anda beli.


Warna parfum


Parfum merek terkenal tak menggunakan banyak pewarna dalam produk mereka, itulah yang menyebabkan warna parfum otentik biasanya pucat. Pewarna kimia yang terlalu terang dan kuat biasanya adalah ciri dari parfum palsu.

Tutup botol


Tutup botol parfum asli harus simetris sempurna (kecuali memang desain aslinya berbentuk lain).

Nomor seri


Nomor seri harus tercetak dibagian bawah kotak dan botol (bukan ditempel stiker!)
Nomor seri pada botol juga harus sama dengan nomor seri yang tertera di bagian bawah kotak. Biasanya dicetak timbul atau dengan tinta.

Botol


Parfum asli memiliki botol berkualitas tinggi dengan permukaan yang halus dan rapi. Botol parfum palsu biasanya kasar dan berkontur tak rata.

Bagi pemalsu, setiap detil dari kemasan hingga tutup botol pasti telah mereka pikirkan dan mencoba untuk meniru aslinya. Namun bila Anda memeriksa parfum secara menyeluruh sebelum membeli, Anda pasti akan menemukan banyak ketidaksempurnaan pada parfum palsu.

loading...