11 Juli 2016

Tiga Tipuan Mata Ini Akan Membuat Anda Terpana

Tags

Tipsiana.com -  Ilusi optis selalu berhasil membingungkan kita. Meskipun telah berpikir keras, seringkali kita gagal memahami cara kerjanya. Dan ketika kita akhirnya tahu cara kerja sebuah ilusi optik, kita akan terkagum-kagum.

Tiga tipuan mata ini contohnya. Anda akan menyadari apa yang terlihat seolah nyata ternyata hanyalah adalah sebuah ilusi optik yang menipu otak Anda. Kita takkan sadar sampai si pencipta kreatif ilusi ini membuka rahasianya.



1. Silinder Berubah Bentuk

Sejak pertama kali diunggah ke internet, ilusi silinder ambigu ini telah membuat bingung banyak orang. Di klaim sebagai tipuan mata terbaik tahun 2016, benda berbentuk silinder ini akan berubah bentuk bila dihadapkan ke cermin. Silinder berbentuk bulat panjang bila dihadapkan ke cermin akan berubah menjadi persegi panjang, dan bila diputar akan berubah sebaliknya. Bagaimana bisa?


Penjelasan : Meskipun mereka terlihat seperti berbentuk silinder bulat vertikal, ternyata sisi atasnya memiliki bentuk berbeda. Di satu sisi terlihat seperti persegi, tapi di sisi terlihat seperti berbentuk bulat. Jadi bagaimana ilusi optis ini bekerja? silahkan lihat penjelasan berikut :


2. Benda yang Terlihat Seperti 3 Dimensi

Tak ada yang salah dengan benda-benda diatas meja ini. Tapi sebenarnya apa yang sedang kita lihat sebagai benda-benda nyata ternyata hanyalah ilusi anamorpik.


Penjelasan : Ilusi anamorpik akan menipu otak kita seakan-akan kita sedang melihat benda berbentuk 3 dimensi, padahal sebenarnya benda tersebut hanyalah sebuah gambar di selembar kertas 2 dimensi. Yang menakjubkan, meskipun benda tadi di perbesar dengan menggunakan kamera HD, ia tetap berbentuk seperti benda 3D.


3. Tipuan Asumsi

Tahukah Anda, otak kita sangat mudah dibodohi. Seperti apa yang akan Anda lihat pada video dibawah ini, semuanya tak seperti yang Anda lihat. Perhatikan ruangan di video ini akan berubah begitu sang psikolog dan mentalis, Richard Wiseman satu persatu mencopot asumsi yang Anda buat terhadap ruangan tersebut. Bersiap-siaplah untuk terpana:


Penjelasan : Tipuan pikiran ini membuat kita percaya benda-benda yang ada dalam ruangan sebagai benda biasa. Padahal semua hanyalah tipuan posisi kamera, pencahayaan dan kedalaman kamera. Trik ini akan menipu otak kita karena menganggap semua yang ada di ruangan tersebut adalah dalam kondisi wajar.

loading...