27 Juli 2016

Karakter Kartunnya Terlihat Menginjak Qur'an, Film Fireman Sam Diprotes Keras

Tags

Tipsiana.com - Pembuat film kartun anak-anak Fireman Sam, meminta maaf sebesar-besarnya setelah dalam salah satu episodenya mempertontonkan karakternya menginjak lembaran kitab suci umat Islam; Al Qur'an.

Seorang pemirsa yang jeli memprotes episode "Troubled Waters" yang ditayangkan di saluran televisi untuk anak, karena Elvis, salah satu karakter kartun tersebut, telah memperlakukan kitab suci umat Islam tersebut dengan tidak hormat.


Tayangan dimulai ketika Elvis yang sedang membawa nampan teh tiba-tiba terpeleset karena menginjak selembar kertas. Kertas yang terinjak itu lalu terbang melayang berbarengan dengan jatuhnya Elvis. Pengguna Twitter mengenal lembar kertas yang diinjak ternyata berasal dari halaman Qur'an Surat 67 ayat 13-26.


Netizen memprotes keras tayangan tersebut. Tayangan anak-anak yang seharusnya digunakan sebagai media pendidik, telah secara sengaja mengajarkan kebencian. Pemilik akun Twitter @BirdsOfJannah mempertanyakan maksud kartun tersebut, "Kenapa pula ada halaman Qur'an berserakan di lantai!?"



Juru bicara perusahaan multinasional Mattel, pemilik rumah produksi Hit Entertainment yang membuat film kartun Fireman Sam meminta maaf atas kejadian ini. Mereka telah menghentikan kerjasama dengan studio animasi yang bertanggungjawab atas kesalahan ini. Mattel kini telah menghilangkan episode ke-7 film tersebut dan menariknya dari peredaran.


Ditengah meluasnya Islamophobia di negara-negara barat, isu ini sangat melecehkan. Entah apa yang terlintas di benak sang produser hingga memunculkan ide kontroversial tersebut.


loading...