24 Juli 2016

Anak-anak Suriah Gunakan Pokemon Go Untuk Minta Pertolongan

Tipsiana.com - Saat dunia sedang terobsesi dengan permainan Pokemon Go, kehidupan anak-anak di Suriah tetap tak berubah. Dalam kurun waktu lima tahun setelah krisis negaranya di mulai, lebih dari 12.000 anak telah tewas dan 2,3 juta anak terpaksa mengungsi dari Kampung halamannya. Dan bagi yang tetap bertahan, ancaman bom barel, serangan udara dan hujanan meriam terus menghantui mereka.

Tapi serangkaian foto yang beredar di internet mencoba menggunakan kepopuleran game menangkap monster lucu ini untuk mengingatkan kembali realitas kehidupan anak-anak suriah. Foto-foto tersebut memperlihatkan anak-anak suriah memegang gambar Pokemon dengan tulisan arab dibawahnya yang bila diterjemahkan memiliki arti:  "Aku tinggal di Kafr Nabl, sebuah pedesaan di dekat Aleppo. Datang dan tangkaplah aku."


Pesan satir yang disampaikan anak-anak Suriah ini seakan mengejek mereka yang sibuk dan lupa diri bermain game online sementara dibelahan bumi yang lain, anak-anak Suriah hanya bisa main petak umpet dengan malaikat kematian.





Grafis desainer asal Suriah, Saif Tahhan juga membuat permainan Pokemon Go versi Suriah, dimana dalam foto tampak orang-orang menemukan dan menangkap bukannya monster, tapi kotak P3K, pelampung, dan boneka teddy bear serta buku-buku diantara reruntuhan bangunan dan gelimpangan korban.



Saif berkata: "Saat ini semua orang sedang mencari Pokemon, sementara disaat yang sama, penduduk Suriah sedang mencari kebutuhan dasar untuk bisa bertahan hidup. Sejujurnya, Saya tak merasa dunia bersimpati kepada kami."

Baca juga :
Fakta-Fakta Menyedihkan Pengungsi Suriah
Kisah Haru Perjuangan Anak Suriah Menghafal Al-Qur'an

Sumber : metro.co.uk
Foto : Twitter/@Teymour_Ashkan, Saif Aldeen Tahhan

loading...