19 Juli 2016

10 Karakter Kartun Yang Diambil Dari Manusia Nyata

Tags

Tipsiana.com - Dalam dunia animasi, segala kemungkinan bisa terjadi. Mereka bisa melakukan apa saja terhadap jalan cerita maupun tokoh karakter kartunnya, batasannya hanya imajinasi. Namun beberapa karakter kartun yang paling dicintai anak-anak ternyata diambil dari wajah para selebritis dan orang-orang biasa,

Sebut saja karakter Aladin, yang wajahnya diambil berdasarkan wajah tampan Tom Cruise. Atau Putih Salju, yang mengambil model dari aktris terkenal di tahun 1930-an, Marge Champion. Karakter-karakter animasi ini memiliki kemiripan yang mencolok dengan wajah beberapa tokoh artis yang sangat populer.

Shrek dan Maurice Tillet



Coba bandingkan wajah kedua gambar ini, benar-benar mirip. Petinju asal Perancis, Maurice Tillet punya kepala dan badan yang besar yang membuatnya selalu memenangkan pertandingan diatas ring dan juga contoh sempurna untuk tokoh monster rawa-rawa ogre, Shrek. Tillet dikenal dengan sebutan Si Malaikat Perancis, memiliki kondisi tubuh yang disebut acromegaly yang membuatnya memiliki tulang tubuh yang sangat besar.

Ariel dan Alyssa Milano



Meski telah menjadi kisah melegenda, masih ada beberapa anak di tahun 90-an yang tidak menyukai kisah "The Little Mermaid". Kisah ini didasarkan cerita dongeng Hans Christian Andersen, menceritakan tentang seorang putri duyung yang ingin menjadi manusia.

Ariel, karakter utama di filmnya di suarakan oleh Jodi Benson, tapi ternyata karakternya sendiri diambil dari artis cilik Alyssa Milano. Milano sedang naik daun karena sukses memerankan acara stasiun TV ABC, "Who's the Boss," dan dikenal memiliki memiliki wajah mungil, mata lebar dan kepribadian ceria.

Ursula dan Divine



Tak hanya Ariel yang wajahnya diambil dari wajah manusia nyata. Tokoh jahat dalam film tersebut, Ursula, ternyata meniru dari artis pria berpenampilan wanita terkenal Divine. Sayang, Divine meninggal setahun sebelum film dirilis. Ia tak sempat melihat dirinya menjadi Ursula di layar lebar.


Para Burung Bangkai dan The Beatles



Jika ada sekelompok karakter yang bisa dengan mudah kita tahu terinspirasi dari siapa, itu adalah para burung bangkai di tahun 1967 dalam film Disney "The Jungle Book." Burung-burung bangkai yang berbicara dengan aksen khas Liverpool Inggris dimodelkan langsung oleh The Beatles.

Manager The Beatles, Brian Epstein, dan Disney menginginkan para penyanyi ini untuk bernyanyi dalam soundtrack film ini. Saat itu John Lennon tak punya ide untuk membuat lagu, jadi pihak Disney yang menyediakan lagu soundtrack untuk mereka.

Putih Salju (Snow White) dan Marge Champion



Marge Champion adalah aktris terkenal di era tahun 1930 hingga 1940-an, dan menjadi inspirasi dari film legendaris Disney "Snow White and the Seven Dwarves." Champion menjadi model untuk fim animasi Disney ini sepanjang produksi.

Kostum mencolok yang sering digunakannya menginspirasi tim produksi Disney. Champion juga menjadi inspirasi bagi karakter Peri Biru (Blue Fairy) dalam film "Pinocchio."

Pocahontas dan Irene Bedard



Irene Bedard adalah artis berdarah Amerika asli yang terlihat sangat mirip dengan tokoh kartun Pocahontas. Tak heran, karena hampir semua aspek karakter Pocahontas memang ditiru darinya. Karena saking miripnya, bahkan anak perempuannya yang baru berusia dua tahun bisa mengenali tokoh itu adalah ibunya di layar lebar. Ditambah lagi, Bedard menjadi pengisi suara Pocahontas.

Genie dan Robin Williams



Dalam film Aladdin, tokoh jin biru bernama Ginie diperankan oleh komedian Robin Williams. Ia digambar di depan animator sekalian saat sedang mengisi suara film.


Aladin dan Tom Cruise



Contoh lain dari karakter pinjaman dari manusia nyata adalah Aladdin. Ia punya penampilan dan gestur tubuh yang diambil dari aktor Tom Cruise. Kartun ini punya alis tebal, gaya pongah dan senyum menyeringai sama seperti Tom Cruise. Awalnya, para animator menginginkan karakter Aladin diambil dari Michael J. Fox, tapi akhirnya beralih ke Tom Cruise dengan pertimbangan ia lebih memiliki daya tarik sekseual.

Belle dan Sherri Stoner



Kadangkala, animator membuat tokoh kartunnya lebih dari sekedar tampilan fisik sang aktris nyata. Penulis dan produser Sherri Stoner dikenal dalam dunia animasi sejak tahun 1990-an. Ia menulis untuk cerita "Animaniacs" dan "Tiny Toon Adventures." Ia juga didapuk sebagai referensi karakter Belle di film "Beauty and the Beast." Juru animasi Disney bahkan memakai bahasa tubuhnya untuk membuat karakter menjadi lebih nyata.

Edna Mode dan Edith Head



Meski banyak orang mengenal Edna Mode, sang perancang busana super di dilm "The Incredibles," adalah tokoh kartun yang pendek, ia ternyata dimodelkan oleh perancang busana terkenal Edith Head. Sama dengan karakternya di film, Head adalah perancang busana dengan segudang prestasi. Sepanjang karirnya, ia telah memenangkan 35 nominasi Academy Award untuk kostum hasil rancangannya yang digunakan untuk banyak film.

loading...