15 Juli 2016

10 Hal Yang Buat Wanita Cepat Tua

Tipsiana.com - Mengalami penuaan dini terjadi dengan cepat pada beberapa orang. Kadangkala penuaan tak hanya disebabkan oleh faktor usia dan gen, tapi seringkali karena kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan sepanjang hidup yang malah mempercepat proses penuaan.

Anda mungkin tak menyadarinya, tapi bagi kebanyakan orang, terutama wanita, kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari semakin mempercepat penuaan dari yang semestinya. Berikut adalah sebelas kebiasaan buruk yang sering dilakukan perempuan yang membuat mereka menjadi cepat tua.


1. Suka melakukan banyak pekerjaan di satu waktu (multitasking)

Jika daftar pekerjaan Anda lebih panjang dari tangan Anda dan rela menghadapi tekanan karena mengerjakan semuanya di satu waktu, hal tersebut malah akan merugikan Anda. Beberapa penelitian menunjukkan stress akibat perkerjaan yang terjadi setiap hari akan memicu pelepasan radikal bebas pada tubuh, yang akan merusak sel dan mempercepat proses penuaan. Dokter menyarankan untuk fokus untuk menyelesaikan satu pekerjaan sebelum mengerjaan pekerjaan selanjutnya.

2. Suka mengkonsumsi gula berlebihan

Semua tahu gula berlebih tidak sehat untuk tubuh dan wajah. Gula berlebih akan membuat tubuh melakukan proses glikasi, dimana molekul gula akan menempel kedalam serat protein dalam sel kita. Glikasi akan membuat wajah menjadi pucat, lingkaran hitam di sekitar mata, hilangnya kontur wajah, keriput, pembengkakan kantung mata dan pori-pori wajah menjadi besar. Jika Anda ingin memperpanjang wajah berseri Anda, jangan mengonsumsi gula berlebihan.

3. Tidur kurang dari 5-6 jam sehari

Kurang tidur tak hanya akan membuat mata Anda menjadi mata panda, tapi menurut banyak penelitian, kurang tidur juga akan mempendek umur Anda. Menurut ahli medis, agar tetap sehat, manusia butuh tidur setidaknya 7 jam sehari. Jika tubuh Anda  lemah dan tidak bisa berkonsentrasi, mungkin Anda kurang tidur. Kurang tidur juga menjadi faktor penyebab penuaan dini.

4. Duduk seharian

Kebanyakan duduk adalah gaya hidup yang menjadi penyumbang proses penuaan dini paling signifikan di dunia modern. Kebanyakan orang sangat kurang berolahraga, dan hasilnya adalah meningkatnya resiko penyakit ginjal, jantung, kanker dan tentu saja kegemukan.

Penelitian mengungkapkan orang yang melakukan olahraga selama 150 menit seminggu akan hidup 10 - 13 tahun lebih lama dari usia orang yang tak berolahraga.

5. Tak menggunakan krim mata

Lapisan kulit disekeliling mata lebih tipis dibanding bagian kulit wajah yang lain, dan itulah sebabnya mengapa tanda-tanda penuaan dimulai dari kerutan disekitar mata. Menjaga area mata tetap lembab bisa memperlambat proses penuaan. Krim pelembab terbaik adalah yang mengandung Retin-A, yang berasal dari Vitamin A. Anda juga bisa menambahkan dengan antioksidan, asam hialuronik dan Vitamin C.


6. Memakai riasan wajah berlebihan

Ini adalah fakta. Banyak produk rias wajah yang berbahan dasar minyak dan minyak dapat menyumbat pori-pori. Penggunaan berlebihan produk perawatan kulit yang mengandung pewangi, alkohol dan bahan kimia akan membuat iritasi dan bisa menyebabkan munculnya garis kerutan prematur pada wajah.

7. Tidur dengan wajah membenam di bantal

Tidur tengkurap dengan wajah membenam di bantal bisa membuat kerutan di wajah. Kulit wajah semakin kurang fleksibel seiirng waktu. Ketika kita tidur dengan bantal di wajah, kulit akan kesulitan beregenerasi dan akan menimbulkan garis kerutan permanen di wajah Anda.

8. Udara terlalu kering

Kelembaban udara paling cocok untuk kulit awet muda adalah sekitar  40-60%. Udara yang terlalu kering akan membuat kulit kehilangan kelembabannya dan akhirnya merusak kulit.

9. Suka mengerutkan bibir

Minum memakai sedotan akan membuat Anda terhindar dari resiko kerusakan gigi, tapi dengan terlalu sering mengerutkan bibir saat menyedot minuman, akan membuat bibir Anda menjadi berkerut. Ini sama pada orang yang suka menyipitkan matanya, kerutan di sekitar mata akan lebih cepat terbentuk pada orang yang suka menyipitkan mata. Selain itu, kerutan bibir juga mudah muncul pada orang yang suka merokok.

10. Berhenti mengkonsumsi lemak

Lemak tetap dibutuhkan untuk menjaga penampilan tetap awet muda. Asam lemak Omega 3 yang terkandung di minyak ikan akan membuat kulit ketat dan kenyal. Ini akan mencegah terbentuknya keriput dan meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

loading...