9 Juni 2016

Stephen Hawking: Lubang Hitam Adalah Portal Menuju Semesta Lain

Tags

Tipsiana.com - Fisikawan legendaris, Stephen Hawking telah mengembangkan teori lubang hitamnya, ia mengklaim lubang hitam adalah portal menuju alam semesta yang lain. Teori barunya ini meruntuhkan teori yang dibuat sendiri sebelumnya, yang menyatakan apapun yang masuk kedalam lubang hitam akan lenyap tak berbekas.

Dalam jurnal sains terbarunya, Hawking kini berpendapat kita akan bisa melakukan perjalanan melalui lubang hitam dan bisa selamat. Meskipun ia mengaku kemungkinan besar kita akan keluar ke sisi lain dari alam semesta yang berbeda dan tidak akan bisa kembali lagi.


Menurut Hawking dan rekan sesama pakar teorinya, Andrew Strominger dan Malcom Perry dari Universitas Cambridge, kunci jawaban dari fenomena ini terletak pada partikel tanpa energi yang dimiliki lubang hitam, yang disebut "soft hair", dimana partikel tersebut menyimpan informasi tentang horison lubang hitam - sebuah batas tak terlihat yang merupakan titik dimana takkan ada jalan kembali.

Hawking dan rekan penelitinya tampaknya berpikir teori "soft hair" bisa memecahkan paradoks pusat lubang hitam, yang akan mendukung hukum dari alam semesta yang menyatakan apapun yang pernah ada informasinya akan terus tersimpan.

Fisikawan Inggris ini telah banyak berargumen menyangkut teori lubang hitamnya. "Benda akan bisa keluar dari lubang hitam, baik dari dalam maupun dari sisi luar, dan kemungkinan akan melalui alam semesta yang berbeda", ujarnya. "Jika kamu terjebak di dalam lubang hitam, jangan menyerah. Ada jalan keluar dari sana".


Ia menambahkan: "Keberadaan sejarah alternatif dengan adanya lubang hitam menjadi sesuatu yang mungkin. Lubang harus cukup besar dan jika ia berputar kemungkinan akan membuat lorong menuju alam semesta yang lain. Tapi kamu takkan bisa kembali ke alam semesta aslimu."

Hawking sebelumnya pernah menyatakan bila alien sampai ke Bumi, maka Alien akan dengan mudah menguasai Bumi. Ia juga pernah mengajukan klaim 'gila' tentang lubang hitam. Tahun lalu ia mengatakan kita akan bisa menyuplai energi keseluruh umat manusia jika bisa memanfaatkan energi dari lubang hitam yang berukuran 'hanya' sebesar gunung.

Meskipun begitu, ia mengakui jika kita gagal menngendalikannya, lubang hitam akan tenggelam ke pusat bumi dan mulai menyedot seluruh mahluk hidup, bumi bahkan tata surya.

Argh... It's beyond my imagination.

Sumber: mirror.co.uk

loading...