22 Juni 2016

Keluarga Ini Kaget Vas Pengganjal Pintunya Ternyata Bernilai 20 Milyar

Tags

Tipsiana.com - Sebuah pot bunga porselin yang telah digunakan sebagai pengganjal pintu lebih dari 30 tahun, diketahui ternyata merupakan benda antik dari Tiongkok yang bernilai sekitar £1 juta atau sekitar 20 milyar rupiah. Seorang juru lelang mengenalinya setelah sengaja datang untuk melihat vas setinggi 50 cm di sebuah bungalow sederhana.

Setelah melakukan penelusuran tentang asal-usulnya, juru lelang menemukan pemiliknya telah mewarisi vas tersebut pada tahun 1980 dari bibinya yang merupakan pedagang barang antik. Karena sama sekali tak sadar vas tersebut bernilai, mereka menjadikannya pengganjal pintu, anak-anaknya bahkan sering bermain bola di dekat vas tanpa dilarang.


Awalnya pasangan pemilik vas tersebut berniat menjualnya di gelaran toko garasi tapi di detik-detik terakhir mereka mengurungkan niatnya dn membawanya ke Rumah Lelang Hansons di Derby.

Setelah dilakukan penelitian mendalam akhirnya mereka mengidentifikasi pot warna biru putih itu ternyata peninggalan kerajaan Tiongkok yang dibuat pada masa Dinasti Qianlong di pertengahan abad ke-18.

Awalnya pot tersebut diperkirakan bernilai antara £ 20.000 sampai £ 40.000 tapi akhirnya rumah lelang menaikkan harga hingga 10 kali lipat. Seorang juru lelang, Charles Hanson, malah berkata vas tersebut bisa terjual dengan harga hingga £1 juta. Ini dikarenakan pasar Tiongkok sangat tertarik dengan barang antik tersebut.


Adrian Rathbone, juru lelang yang dikirim untuk melihat vas tersebut di rumah bungalow, Birmingham mengatakan, sang pemilik tak sadar nilai vas tersebut ketika mereka memutuskan untuk menjualnya. Malah, pot besar tadi digunakan untuk ganjal agar pintu tetap terbuka. Mereka memang pernah berandai-andai kalau pot tersebut mungkin punya nilai, dan hal ini dipastikan setelah juru lelang menemukan stempel khusus dibagian bawah pot. Sang pemilik tentu saja sangat gembira dengan keberuntungan ini.

Tak jelas bagaimana benda antik dari dinasti Tiongkok bisa sampai ke Inggris, tapi diperkirakan kerabatnya membeli benda tersebut dari penjualan barang-barang rumah di tahun 1930-an. Vas terebut akan dijual pada 1 Juli 2016 ini.

Sumber : http://www.mirror.co.uk/news/uk-news/family-stunned-discover-vase-used-8243676

loading...