16 Juni 2016

Di Tahun 1978, Muhammad Ali Pernah Duel Lawan Superman

Tags

Tipsiana.com - Muhammad Ali, sang legenda tinju yang baru saja meninggal beberapa waktu yang lalu, bukan hanya dikenal sebagai pejuang pembela hak asasi manusia dan bintang film, tapi pada suatu ketika pernah menyelamatkan bumi dari serangan alien jahat.

Setidaknya inilah yang terjadi pada seri komik DC edisi khusus pada tahun 1978: Superman vs. Muhammad Ali. Sebagai raja ring tinju, Muhammad Ali pernah mengalahkan George Foreman, Leo Spinks, Joe Frazier bahkan Superman, yang membuatnya mendapat julukan sebagai "The Greatest", yang terbaik.

DC comics memang dikenal suka memadukan superheronya dengan selebriti dunia nyata. Pernah dibuat kisah Superman bertemu dengan Bob Hope dan JFK. Pada masa itu, Muhammad Ali berada dipuncak karirnya dan dianggap sebagai pahlawan: legenda tinju dan pejuang kesetaraan hak. Jadi, DC berpikir akan menjadi sensasi bila memadukan petinju terbaik dengan superhero terbaik: Superman.


Kisahnya menceritakan ras alien bernama Scrubb datang ke bumi mencari manusia terhebat untuk diajak duel dengan jagoan mereka. Jika manusia menolak, Scrubb mengancam akan menghancurkan bumi. Ali dan Superman maju untuk menghadapi tantangan mereka.

Ali dan Superman bersitegang sama-sama merasa yang paling berhak melawan jagoan Scrubb. Superman merasa sebagai manusia terkuat tapi Ali membantah dan menyebut Superman bukan mahluk asli bumi karena berasal dari planet Krypton.

Alien menengahi mereka dan memutuskan membuat adu tanding, siapa yang menang akan melawan jagoan Scrubb. Hebatnya, Muhammad Ali ternyata dengan mudah mampu mengalahkan Superman. Kok bisa? Dengan kekuatan yang datang dari menyerap energi matahari, Superman sebenarnya bukan tandingan Ali. Ternyata agar adil, kedua jagoan tadi bertanding di planet Bocade. Disini, tenaga Superman menjadi lemah karena planet Bocade memiliki matahari palsu yang tenaganya tak bisa diserap Superman.


Pertandingan dimulai dan disiarkan ke planet bumi. Uniknya, di sampul komiknya terlihat seluruh tokoh terkenal era 70-an ikut menonton, Jimi Carter, Don King, Pele, Cher, Frank Sinatra, bahkan Batman dan Flash juga ada.

Ternyata Superman tak mampu menandingi kecakapan teknik tinju Ali. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan Ali. Dan Superman harus ditandu keluar babak belur.


Dengan tersingkirnya Superman, Ali jadi juara terkuat dari planet bumi dan iapun berhak melawan jagoan alien bernama Hun 'Ya. Muhammad Ali menang KO di ronde ke-4. Selagi Ali bertarung, Superman pulih dari luka-lukanya dan diam-diam melucuti kekuatan pesawat bangsa Scrubb.

Setelah menang dan kembali ke bumi, Ali berkata kepada Superman kalau ia tahu penyamaran Superman sebagai Clark Kent namun ia bersumpah takkan memberi tahu siapapun. Iapun menyalami Superman dan berkata, "Superman, kitalah yang terbaik!"


Gambar-gambar milik DC Comics

loading...