20 Mei 2016

Kisah Haru Perjuangan Anak Suriah Menghafal Al-Qur'an

Tags

Tipsiana.com -  Konflik berkepanjangan di Suriah telah menghasilkan begitu banyak kehancuran. Krisis yang dimulai sejak tahun 2011 ini sudah memakan korban hingga 470.000 orang tewas, dimana 10.000 diantaranya adalah anak-anak.

Anak-anak adalah korban utama yang paling menderita, lebih dari 6,5 juta anak mengalami aksi kekerasan, intimidasi, pelecehan, kelaparan dan penyakit. Ribuan anak harus tewas, cacat seumur hidup, terusir dari rumahnya serta mengalami trauma berat.

Ditengah kondisi mengenaskan tersebut, terselip sebuah kisah yang akan membuat kita menangis haru. Seorang relawan asal Indonesia, Ihsanul Faruqi, yang bertugas dibawah bendera Misi Medis Suriah selama 1 tahun di Suriah, menceritakan pengalamannya.


Meski serba kekurangan dan dalam ancaman kelaparan, anak-anak pengungsi Suriah ternyata tetap memiliki keinginan kuat untuk bisa menghafal Al-Qur'an. Disebuah kamp pengungsian dekat perbatasan Turki bernama Kamp Ummahat Al Mu'minin, terdapat anak-anak yang semuanya telah kehilangan Ayahnya akibat perang.

Ketika relawan memberi bantuan medis kepada pengungsi dan membagikan roti kepada anak-anak, beberapa anak ternyata memiliki keinginan lain selain mendapat roti. Mereka ingin bisa memiliki mushaf Al-Qur'an agar bisa menghafalnya. Bila di Indonesia untuk mendapatkan mushaf Al-Qur'an sangatlah mudah, lain halnya dengan keadaan di pengungsian.

Anda bisa menyimak kisah mengharukan tersebut dalam video berikut :


Menurut penuturan Faruqi, anak-anak penghafal Al-Qur'an di Suriah taruhannya adalah nyawa. Rezim pemerintah seringkali menargetkan pengeboman di tempat-tempat umum termasuk di Masjid-masjid yang didalamnya terdapat banyak anak yang sedang menghafal Al-Qur'an. Bahkan pada bulan Sya'ban kemarin di daerah Daraa, puluhan anak yang sedang menghafal Al-qur'an di sebuah majelis tewas terkena ledakan rudal penjelajah.


Semua halangan tersebut tak menyurutkan tekad anak-anak untuk tetap menghafal Al-Qur'an. Ketika ditanya apa yang akan dilakukan setelah mereka bisa menghafal isi seluruh kitab suci tersebut, anak-anak menjawab dengan mantap "Kami akan ikut berjuang sebagai Mujahidin."

Gambaran tentang apa yang sebenarnya saat ini terjadi di Suriah bisa Anda simak dalam video pengalaman relawan Indonesia versi lengkap berikut :


Anda juga bisa mengetahui fakta-fakta tentang pengungsi suriah pada artikel berikut :
Fakta-Fakta Menyedihkan Pengungsi Suriah

loading...