21 Mei 2016

Hati-hati, Keramas Di Salon Bisa Picu Stroke

Tags

Tipsiana.com - Kebanyakan wanita sangat menyukai keramas di salon. Selain membuat rambut menjadi bersih, mereka akan merasa nyaman dan segar. Namun ternyata ada resiko yang terdapat dalam kegiatan menyenangkan ini.

Baru-baru ini, seorang wanita paruh baya jatuh dan mengalami serangan stroke setelah ia dikeramas di sebuah salon favoritnya.

Sebenarnya resiko terkena stroke ketika keramas di salon benar-benar nyata, meskipun peristiwa ini tergolong langka. Sebuah penelitian yang dirilis New York Times pada tahun 1993 menyebutkan, orang yang lebih tua memiliki resiko terkena serangan stroke selagi atau setelah mengunjungi salon.


Apa yang sebenarnya terjadi? ternyata sudut dan derajat kemiringan tubuh wanita yang duduk di kursi keramas membuat bagian belakang kepala tertekan saat menengadah. Posisi ini bila letaknya tidak nyaman akan menyebabkan robeknya satu dari empat arteri yang menyalurkan darah ke otak. Memijat kepala terlalu keras juga beresiko.

Elizabeth Smith, wanita paruh baya asal California mengalaminya. "Aku muntah, kepalaku menjadi panas dan tidak bisa berdiri. Tangan dan kakiku menjadi lemah. Mereka mengira aku takkan selamat," ujar Elizabeth sambil menangis. Ia mengaku hampir tak percaya ia hampir meninggal.

Dokter menyatakan pemicu strokenya berasal pada saat ia duduk di kursi keramas. Kejadian ini disebut Beauty Parlor Stroke Syndrom dan memang merupakan kasus langka.


Para dokter yang melihat kondisi Elizabeth mengatakan saat kepalanya menengadah, bagian belakang kepala menerima tekanan berlebihan, ruas tulang belakangnya merobek pembuluh arteri. dan ketika gumpalan darah mulai terbentuk, serangan strokepun terjadi.

Kini, Elizabeth kehilangan sebagian penglihatan dan pergerakannya secara permanen. Ia mengaku masih sering merasakan kesakitan, dan telah menghabiskan biaya berobat hingga $250.000 dolar. Kini ia menuntut salon tersebut ke pengadilan.

Walau terlihat menakutkan, bukan berarti Anda tidak boleh keramas di salon lagi. Yang perlu dilakukan adalah memastikan kenyamanan Anda saat sedang di keramas. Segera beri tahu pekerja salon untuk tidak memijat terlalu kuat atau ketika leher terasa sakit saat menengadah. Agar lebih aman, ganjallah leher Anda dengan handuk lembut untuk mengurangi tekanan wastafel ke leher.

loading...