16 Mei 2016

Foto Perbatasan Negara Yang Unik dan Mengagumkan

Tags

Tipsiana.com - Tapal batas dua buah negara memberikan gambaran sekilas tentang perbedaan kehidupan negara bertetangga. Meski jarak kedua negara hanya dipisahkan oleh sebuah dinding beton atau bahkan garis cat putih di aspal saja, namun kondisi keduanya bisa sangat kontras.

Banyak faktor yang bermain disini. Perbedaan laju pembangunan, kesejahteraan rakyat atau bisa juga kebijakan pemerintah menjadi pembeda pemandangan tersebut. Foto-foto tapal batas yang diambil dari berbagai negara berikut tidak hanya memperlihatkan perbedaan yang cukup mencolok antara negara bertetangga, namun juga banyak hal unik dan menarik yang membuat akan kita kagum. Terkadang jarak yang begitu dekat bisa terasa sangat jauh.


Bulgaria - Rumania

Gambar ini memperlihatkan perbatasan negara Bulgaria dengan Rumania dari udara yang dengan jelas menunjukkan perbedaan bentuk dan ukuran lahan pertanian keduanya. Bulgaria terletak disebelah kiri dan Rumania disebelah kanan.

India - Pakistan


Foto ini memperlihatkan Upacara Penurunan Bendera kedua negara yang diselenggarakan setiap sore saat akan menutup pintu gerbang perbatasan. Upacara ini menunjukkan sebuah persaudaraan sekaligus rivalitas yang terjalin antara India dan Pakistan. Seperti diketahui hubungan India - Pakistan selalu panas akibat sejarah kelam hubungan mereka.

Tentara penjaga perbatasan India dan Pakistan terlibat dalam upacara ini. Walau tampak meriah, para tentara ini selalu memperlihatkan wajah sangar saling mengintimidasi tetangganya. Mereka dan para penonton saling berlomba meneriakkan yel-yel kebanggaan negara masing-masing. Sekitar 7 ribu dan 10 ribu penonton dari India menghadiri upacara ini.

Itali - Perancis

Foto ini diambil dari wahana Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), memperlihatkan area kota metropolitan dari Torino, Italia dan Lyon serta Marseille, Perancis. Gunung Alpen menjadi penghalang alami antara kedua negara. Pulau Corsica juga terlihat di bagian atas gambar laut Liguaria. Pegunungan Alpen membentang di delapan negara : Perancis, Monaco, Italia, Swiss, Liechtenstein, Austria dan Slovenia.

Haiti - Republik Dominika


Republik Dominika terlihat di sebelah kanan, memiliki bentangan hutan luas hasil dari perjuangan melawan perusakan hutan. Sementara tetangganya Haiti di sebelah kiri tidak memiliki kebijakan melawan deforestasi. Akibatnya, mayoritas lahan mereka terlihat gundul. Foto satelit ini memperlihatkan pemandangan kontras tersebut.


Meksiko - Amerika Serikat


Monumen ini dapat dijumpai di sisi sebelah Kota Tijuana di perbatasan antara Meksiko dengan AS. Setiap peti mati mewakili tahun dan jumlah orang yang tewas akibat mencoba melintasi perbatasan secara ilegal.

Korea Selatan - Korea Utara

Sebuah hamparan tanah yang dikenal sebagai Zona Demiliterisasi (DMZ) membagi Korea Utara dan Korea Selatan. Memiliki panjang sekirat 150 mil, DMZ dibuat pada akhir Perang Korea pada tahun 1953. Ini adalah titik pertemuan untuk negoisasi antara kedua negara. Desa Panmujon yang merupakan tempat gencatan senjata dan penghentian perang ditandatangangi, juga terletak di dalam DMZ.

Belanda - Belgia


Belanda dengan Belgia memiliki perbatasan yang rumit yang dihasilkan dari serangkaian perjanjian dan penjualan lahan pada abad pertengahan yang terjadi antara Lord of Breda dan Dukes of Brabant. Perjanjian Maastricht pada tahun 1843 menegaskan perjanjian tapal batas. Perbatasan kedua negara terlihat hanya dibatasi oleh paving blok bercat putih atau pin-pin besi sehingga pengunjung bisa mengetahui apakah mereka sedang berada di Belgia atau Belanda.

Meksiko - Amerika Serikat

Perbatasan antara Meksiko dengan Amerika Serikat sering memicu perdebatan sengit diantara keduanya. Banyaknya imigran gelap yang berusaha menerobos tapal batas untuk mencari kehidupan baru di negeri tetangga menjadi isu panas karena pemerintah AS tak segan menembak mati para imigran gelap yang mencoba masuk secara ilegal. Sebagai antisipasi, pemerintah AS membuat pos-pos pengamanan perbatasan di beberapa titik rawan. Disini tergambar sebuah kota padat penduduk Tijuana, Meksiko berada di sebelah kanan sementara sebuah pos patroli perbatasan tampak berdiri di seberang perbatasan.

Indonesia - Malaysia

Dua negara serumpun ini juga pernah punya sejarah berkonflik di sekitar tapal batasnya. Pada tahun 1962 hingga 1966 terjadi peperangan di sekitar perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kalimantan. Peristiwa yang dikenal sebagai Konfrontasi Indonesia - Malaysia ini membuat ketegangan perbatasan memuncak. Pada operasi militer yang dikenal sebagai Operasi Dwikora, pasukan Indonesia beberapa kali menyerang Malaysia lewat perbatasan dan berusaha menguasai Sabah dan Sarawak, namun usaha tersebut gagal.
Kredit foto oleh Tribunnews.com
Sampai saat ini perbatasan kedua negara dijaga ketat. Isu penyelundupan dan masuknya tenaga kerja ilegal selalu menjadi persoalan tersendiri. Di tapal batas pada foto diatas tampak gambaran nasionalisme bernada menantang.

loading...