17 Mei 2016

Bahaya Minum Air Dingin Saat Makan

Tags

Tipsiana.com - Minum air putih tak diragukan lagi sangat baik untuk kesehatan, faktanya, banyak ahli kesehatan menyarankan kita untuk banyak mengkonsumsi air karena akan membuat tubuh sehat. Tapi yang mungkin tidak kita tahu adalah ternyata minum air dingin atau terlalu banyak meminum air saat bersantap malah bisa membahayakan kesehatan.

Para ahli mengklaim bahwa bila kita minum air dingin saat sedang makan bisa membawa dampak buruk bagi tubuh. Meminum air dingin bisa membuat pembuluh darah menyempit, yang pada akhirnya akan mengurangi kemampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan. Air dingin juga akan membuat lemak yang Anda makan akan mengeras dan menjadi semakin sulit dicerna tubuh.


Minum air saat makan sebenarnya tidak dilarang, karena air dapat membantu memperlancar perjalanan makanan dari mulut ke lambung. Namun jika minum terlalu banyak air selagi makan, akan membuat lambung menjadi berisi terlalu banyak cairan dan makanan akan "tenggelam" di dasar lambung. Ini akan menyulitkan proses pencernaan. Minum air terlalu banyak juga bisa membuat perut begah, dimana karbohidrat yang masuk kedalam pencernaan tidak bisa segera dicerna dan akhirnya terfermentasi hingga mengeluarkan gas.


Lalu bagaimana solusinya? Cara terbaik menghindari penyempitan pembuluh darah karena minum air dingin saat makan adalah mengganti air dingin dengan air biasa. Malah lebih baik lagi bila kita makan dibarengi dengan minum air hangat. Dan untuk menghindari perut begah minumlah air secukupnya saja. Setelah satu jam, Anda boleh kembali minum sepuasnya.

Tentang air putih, Anda bisa juga membaca artikel menarik berikut :
Minum Air Putih Delapan Gelas Sehari Ternyata Hanya Mitos
Ini Yang Akan Terjadi Bila Anda Berhenti Minum Air Dingin

Sumber : http://www.popcorndaily.com/2016/05/drinking-water-while-eating-is.html


loading...