13 April 2016

Nasehat Panjang Umur Dari Dokter Berusia 101 Tahun

Tipsiana.com - Dr. Shigeaki Hinohara asal Jepang tahun lalu genap berusia 101 tahun. Ketika dokter ini berumur 97 tahun, dalam sebuah wawancara ia memberikan nasehat agar bisa hidup sehat dan panjang umur.

Higeaki Hinohara adalah salah seorang dokter yang paling lama memberikan pelayanan kesehatan sebagai dokter dan juga pengajar. Tangan dingin Hinohara telah melegenda di Jepang. Sejak tahun 1941 ia telah menyembuhkan banyak pasien di Rumah Sakit Internasional St. Luke di Tokyo dan mengajar di Sekolah Perawat St. Luke.

Ia telah menerbitkan 15 buku sejak ulang tahun ke 75, termasuk diantaranya berjudul "Living Long, Living Good" yang telah terjual lebih dari 1,2 juta eksemplar. Sebagai pendiri New Eldery Movement, Hinohara memberi semangat kepada siapapun untuk bisa panjang umur dan hidup bahagia, dimana ia adalah contoh terbaik dari orang tua yang panjang umur yang bahagia.


Dokter Shigeaki Hinohara punya beberapa rahasia agar panjang umur dan memiliki kebahagian hidup. Berikut nasehat Hinohara:

Energi datang dari perasaan yang tentram, bukan dari makan enak atau banyak tidur. 

Kita pasti masih ingat saat kita masih kecil, saat kita sedang bergembira, kita malah sering lupa makan dan tidur siang. Aku percaya kita bisa melanjutkan kebiasaaan tersebut saat menjadi dewasa. Lebih baik untuk tidak membuat badan jenuh dengan terlalu banyak menerapkan aturan kaku untuk makan siang dan tidur tepat waktu.

Semua orang yang berumur panjang, tak peduli dari berbagai bangsa, ras dan gender memiliki satu kesamaan : tidak ada satupun yang kegemukan. 

Untuk sarapan aku minum kopi, segelas susu dan jus jeruk dicampur sesendok makan minyak zaitun. Minyak zaitun sangat baik untuk pembuluh darah dan membuat kulitku tetap sehat. Makan siang dengan susu dan beberapa potong kue kering, atau malah kadang terlewat tidak makan karena kesibukan. Aku tidak pernah merasa lapar karena aku fokus pada pekerjaan. Makan malam dengan sayuran, sedikit ikan dan nasi, dan dua minggu sekali, aku makan 100 gram daging.


Selalu buat rencana ke depan. 

Buku jadwalku penuh dengan jadwal mengajar dan pekerjaan di rumah sakit hingga setahun kedepan.

Tak perlu pensiun, namun jika harus, lebih baik jika diatas umur 65 tahun. 

Penetapan usia pensiun saat ini pada umur 65 tahun dilakukan lebih setengah abad yang lalu, ketika usia harapan hidup seseorang di Jepang berkisar pada usia 68 tahun dan hanya ada 125 orang Jepang yang memiliki umur hingga 100 tahun. Hari ini, wanita Jepang hidup hingga usia 86 tahun dan lelaki hingga usia 80 tahun, dan Jepang kini memiliki lebih dari 36.000 orang yang berusia 100 tahun. Dalam 20 tahun Jepang akan memiliki sekitar 50.000 orang yang berusia 100 tahun...


Bagikan ilmu yang Anda miliki. 

Aku mengajar sebanyak150 kali setahun, beberapa untuk anak di 100 sekolah dasar, lainnya kepada 4.500 orang pebisnis. Biasanya aku berbicara 60 hingga 90 menit setiap mengajar, dengan berdiri, dan tetap kuat.

Saat dokter Anda merekomendasikan untuk menjalani tes kesehatan atau operasi, tanyakanlah apakah dokter tersebut akan mengambil keputusan yang sama bila ia atau istri atau anaknya juga akan mengalami yang Anda alami. 

Berlawan dengan kepercayaan kebanyakan orang, pada kenyataannya dokter tak bisa menyembuhkan semua orang. Jadi mengapa harus menjalani rasa sakit yang tak perlu karena dioperasi jika mungkin dengan terapi musik atau hewan peliharaan dapat menjadi penyembuh alternatif mujarab dari yang dokter bayangkan.

Untuk tetap sehat, biasakan gunakan tangga dan bawa sendiri barang-barang Anda. 

Aku melangkahi dua anak tangga sekaligus, agar otot-ototku bergerak.

Inspirasiku berasal dari puisi Robert Browning berjudul "Abt Vogler". 

Ayahku biasanya membacakannya untukku. Puisinya mendorongku untuk membuat sebuah karya besar, bukan sekedar coretan kecil. Disitu disebutkan agar kita selalu mencoba untuk menggambar sebuah lingkaran yang sangat besar yang tak akan pernah selesai dikerjakan selagi kita masih hidup. Yang bisa kita lihat hanyalah sebuah lengkungan; sisanya diluar penglihatan kita namun ia tetap ada dikejauhan.

Rasa sakit itu misterius, dan bergembira adalah cara terbaik untuk melupakannya.

Jika seorang anak sedang sakit gigi, dan Anda mulai bermain bersamanya, ia akan segera lupa pada sakitnya. Rumah sakit harus memenuhi kebutuhan dasar pasiennya, mereka harus tetap gembira. Di RS St. Luke disediakan terapi musik dan hewan serta kelas seni.

Jangan gila harta. 

Ingat; Anda tidak tahu kapan Anda akan mati dan Anda tidak bisa membawa mati harta.

Carilah orang yang bisa Anda jadikan teladan dan berusahalah untuk melampaui apa yang telah dicapai teladanmu. 

Ayahku pergi ke Amerika di tahun 1900 untuk kuliah di Universitas Duke, Carolina Utara. Ia adalah pioner dan salah seorang pahlawanku. Aku berusaha mengikuti jejak ayahku, dan ketika tersendat, aku bertanya pada diri sendiri bagaimana cara mereka mengatasi masalah.

Panjang umur adalah hal yang luar biasa. 

Hingga aku berusia 60 tahun, mudah untuk bekerja hanya untuk keluarga dan menggapai satu tujuan. Namun setelah tahun tersebut, kita harus berjuang untuk berkontribusi pada lingkungan sekitar. Sejak usia 65 tahun, aku bekerja sebagai relawan. Aku tetap bekerja 18 jam sehari selama tujuh hari dan aku mencintai setiap menit pekerjaanku.

loading...