20 April 2016

Inilah Para Samurai Terakhir di Tahun 1800-an

Tags

Tipsiana.com - Samurai adalah bangsawan militer Jepang yang hidup di abad pertengahan dan awal modern yang begitu melegenda. Keahlian memainkan pedang katana dan karakter diri yang kuat serta penuh kedisiplinan membuat para samurai begitu dikagumi. Para samurai juga memiliki kekuasaan mengendalikan Jepang. Meski kekuasaan tertinggi tetap dipegang Kekasiaran Jepang, tapi secara de facto para panglima peranglah yang berkuasa.

Namun Restorasi Meiji yang dimulai pada tahun 1868 mengambil alih kekuasaan panglima perang Shogun kembali dibawah konsolidasi Kekaisaran Meiji. Restorasi ini membawa banyak perubahan pada wajah Kerajaan Jepang, termasuk mulai masuknya pengaruh barat dalam setiap lini kehidupan tak terkecuali ke dunia militer mereka. Pada tahun 1873, militer Jepang mulai mengadopsi gaya militer barat yang menggunakan senjata api.


Para Samurai yang terkenal, yang cuma 10% dari populasi Jepang namun memiliki kekuasan yang sangat besar, akhirnya mulai tersingkir. Mereka kehilangan hak menjadi satu-satunya tentara kekaisaran. Pada akhirnya, mereka bahkan tidak diperbolehkan membawa pedang katana mereka di depan publik. Katana bagi para samurai telah melekat dengan hidup mereka. Melarang membawa pedang katana sama dengan membunuh jiwa samurai mereka.

Sebelum para Samurai benar-benar menghilang di telan zaman. Fotografi yang mulai dikenal di awal era modern berhasil memotret wajah-wajah para Samurai terakhir. Foto-foto ini dijepret antara tahun 1863 hingga tahun 1900. Inilah para ksatria yang memilih jalan hidup sebagai samurai yang harus tersingkirkan oleh perubahan zaman.












loading...