10 Maret 2016

Sepuluh Kegunaan Gula Yang Tidak Anda Ketahui

Tags

Tipsiana.com - Disamping sebagai bahan pemanis utama yang sangat digemari, ternyata gula memiliki banyak manfaat yang sangat membantu keseharian kita. Meski kini beberapa orang mengurangi konsumsi gula karena alasan kesehatan, bukan berarti gula menjadi bahan yang harus dihindari.

Kami telah mengumpulkan beberapa kegunaan lain dari gula selain sebagai bahan pemanis. Gula ternyata mampu menyembuhkan luka, menjaga kesegaran makanan, menenangkan bayi yang rewel, sebagai body peeling, bahkan mampu menjadi pembunuh serangga. Setelah mengetahui beragam kemampuannya, Anda akan kembali menyukai gula tidak hanya karena manisnya saja.



1. Menenangkan Bayi

Studi pediatrik telah menunjukkan bahwa bayi yang sebelumnya diberi minum larutan yang mengandung satu sendok makan gula dan emat gelas air sebelum divaksinasi, ternyata membuat bayi bereaksi lebih tenang saat disuntik daripada yang tidak diberi minum air gula.

2. Mengobati Luka

Sejumput gula dapat menyembuhkan berbagai jenis luka seperti luka akibat tekanan, borok atau luka sayatan. Yang perlu Anda lakukan adalah menuangkan sedikit gula pada luka. Gula akan membunuh semua bakteri yang ada disekitar luka, gula bahkan mampu menghilangkan rasa sakit lokal yang kronis.

3. Mengobati Lidah Terbakar

Menyuruput secangkir kopi yang terlalu panas atau tidak sabar menggigit pizza yang masih mengepul akan berakibat lidah Anda terbakar, setelahnya lidah Anda akan terasa panas dan getir untuk waktu yang lama. Untuk meringankan sensasi lidah terbakar yang tidak nyaman, Anda bisa menempelkan sedikit gula pada bagan lidah yang terbakar.

4. Body Peeling

Karena bertekstur kasar, gula dapat digunakan sebagai bahan penghilang daki dan kotoran tubuh yang sempurna. Sebuah scrub sederhana dapat dibuat dengan mencampur gula bersama berbagai jenis minyak (canola, almond, jojoba, atau olive). Anda juga dapat menambahkan minyak esensial kedalam campuran.  Menambahkan tiga sendok gula dan sesendok minyak zaitun juga akan menghasilkan scrub yang efektif mengangkat sel kulit mati di tubuh Anda.


5. Membersihkan Tangan Kotor

Saat tangan Anda sangat kotor karena noda cat atau minyak, Anda dapat menggunakan gula untuk menghapus noda. Tambahkan gula pasir ke busa sabun dan gosok dengan merata, cat dan minyak akan segera lenyap dari tangan Anda.

6. Pelembab Bibir

Campur sedikit minyak jojoba dan meniyak zaitun dengan setetes gula cair dan mint atau ekstrak vanili, ini adalah krim pelembab bibir alami yang baik dan sangat efisien memberi zat gizi pada bibir Anda. Oleskan krim tersebut di bibir Anda dan gosok perlahan.

Selain itu, dengan mengoleskan sedikit gula cair ke bibir Anda beberapa saat sebelum menggunakan lipstik, akan membuat lipstik menyerap lebih baik di bibir Anda.

7. Membunuh Hama

Jika akar tanaman Anda dipenuhi dengan ulat, Anda dapat membunuhnya dengan menggunakan gula. Kubur lima kilogram gula untuk setiap 250 meter persegi lahan, tunggu dengan sabar, secara alami gula akan membunuh semua ulat.

Gula juga dapat digunakan untuk menangkap dan membunuh hama lainnya. Untuk menangkap lalat, buat campuran madu, gula dan air dengan perbandingan yang sama lalu didihkan dalam panci sambil diaduk. Kemudian ambil selember kertas stiker lengkat dan lubangi salah stu ujung kertas. Setelah dingin, tuang campuran di sisi lengket kertas dan gantungkan di dinding dengan menggunakan benang. Lalat akan segera menghampiri kertas karena tertarik dengan madu dan gula dan akan terjebak lem kertas stiker.

Untuk menyingkirkan kecoa, tempatkan sejumlah campuran gula dan baking soda dengan takaran 1:1 didekat persembunyian kecoa. Gula akan menarik mereka datang dan baking soda akan membunuhnya.

8. Membuat Tangkai Bunga Potong Tetap Segar

Untuk memberikan tampilan lebih baik dan tahan lama pada hiasan bunga potong di rumah Anda, cukup buat tiga sendok teh gula dan campur dengan dua sendok makan cuka putih. Masukkan campuran tersebut kedalam satu liter air. Berikan air tersebut pada bunga potong Anda, gula akan membantu menyehatkan batang, sedangkan cuka akan mencegah bakteri berkembang. Efeknya, bunga potong Anda akan indah lebih lama.

9. Membersihkan Noda Pada Baju

Campurkan gula kedalam sedikit air panas dan oles ke pakaian bernoda membandel. Biarkan selama lebih kurang sejam, kemudian cuci seperti biasa. Noda membandel akan hilang dari baju Anda.

10. Menjaga Makanan Tetap Segar

Jika Anda menyimpan kue kering dalam wadah tertutup dan menambahkan gula pasir kedalamnya, kue Anda akan tetap renyah dalam waktu lama. Hal ini juga berlaku untuk keju.

loading...