16 Maret 2016

Delapan Trik Aneh Menghilangkan Keluhan Sakit Di Tubuh

Tags

Tipsiana.com - Tubuh kita merupakan sebuah mesin biologis dengan fungsi yang luar biasa. Selama 24 jam ia terus bekerja memastikan semua fungsi metabolisme berjalan dengan baik. Namun terkadang ada saat dimana tubuh mengalami gangguan kecil dalam kehidupan sehari-hari. Bersin, tenggorokan gatal, sakit gigi dan keluhan sederhana lainnya kadang membuat kita terganggu menjalankan aktivitas. Meski hanya keluhan kecil, kita sering bingung bagaimana cara mengatasinya.

Bila Anda pernah mengalami sulit bersin atau putus asa menghilangkan tenggorokan gatal atau juga bingung cara mengatasi sesak buang air kecil sementara antrian toilet masih panjang, maka Anda bisa mencoba trik berikut. Meski caranya terlihat sedikit aneh, namun beberapa penelitian telah membuktikan cara unik menghilangkan keluhan di tubuh ini benar-benar efektif.


1. Meredakan sesak buang air kecil dengan menggaruk bagian belakang betis

Anda bisa mengontrol desakan ingin buang air kecil hanya dengan cara menggaruk bagian belakang kaki Anda dengan kuat. Saran tak biasa ini disampaikan oleh fisioterapi sebagai cara jangka pendek untuk melawan sesak BAK ketika kandung kemih penuh namun belum bisa mencapai toilet.

Jika Anda menggaruk atau menggosok bagian belakang betis Anda beberapa saat dengan penuh semangat, Anda dapat mengganggu pesan yang dikirim kandung kemih ke otak cukup lama hingga Anda bisa mendapatkan toilet.

Sekitar satu dari tiga wanita di Australia mengaku cara ini benar-benar efektif. TIdak dijelaskan apakah trik aneh ini berlaku untuk pria. Untuk para pria, silahkan coba sendiri.

2. Tenggorokan gatal? Garuk telinga Anda

Terlihat aneh bukan? Cara ini bukan pelarian karena kita tidak bisa menggaruk tenggorokan dengan kuku lalu dialihkan ke telinga, tapi karena dengan menggaruk telinga saat tenggorokan gatal, Saraf di dekat telinga akan terstimulasi menciptakan reflek di tenggorokan yang membuat otot tenggorokan mengejang. Menurut Scott Schaffer, MD ketua spesialis THT di Gibbsboro, New Jersey, otot yang mengencang akan menghilangkan rasa gatal tenggorokan.

3. Hilangkan kram otak dengan lidah

Saat minum minuman yang terlalu dingin, kadang tiba-tiba kelapa kita akan terasa pusing. Keadaan ini disebut kram otak. Ini terjadi karena dinding bagian atas mulut kita tiba-tiba menjadi sangat dingin, yang menyebabkan otak menyangka seluruh tubuh kita juga kedinginan.

Otak yang salah sangka mengimbanginya dengan menaikkan suhu otak dengan tiba-tiba yang menyebabkan Anda sakit kepala. Cara mengatasinya sederhana, cukup gosok-gosok langit-langit mulut dengan lidah hingga terasa hangat, maka sakit kepala akan segera hilang dan Anda bisa kembali menikmati es krim lagi.


4. Redakan stress dengan meniup jempol

Pekerjaan menumpuk dikejar deadline, anak rewel minta segala macam sementara komputer tiba-tiba hang sebelum pekerjaan disimpan. Karena panik, Anda memukul-mukul kompie berharap jalan lagi tapi malah kopi disebelahnya tumpah ke keyboard. Ini yang disebut stress tingkat dewa.

Saat skenario buruk sejenis tersebut terjadi pada Anda, segera acungkan jempol ke depan mulut Anda, tarik nafas dalam-dalam selama 7 detik, tahan selama 3 detik, lalu hembuskan ke jempol Anda selama 7 detik. Ulangi beberapa kali maka Anda akan merasa lebih tenang.

Dengan teknik menghembuskan nafas secara teratur dan meniupkannya di ibu jari akan merangsang saraf vagus, dengan efek menurunkan denyut jantung dan tekanan darah. Mendinginkan jempol dengan hembusan nafas juga menghasilkan efek yang sama karena akan menurunkan denyut nadi di ibu jari. Kombinasi keduanya akan mempercepat proses relaksasi tubuh dan otak Anda.

5. Meredakan sakit gigi dengan menggosokkan es batu di tangan

Anda dapat menghentikan sakit gigi dengan cara menggosok es di punggung tangan Anda, di daerah antara ibu jari dan jari telunjuk (zona V di mana tulang dari dua jari bertemu). Gosok tangan di sisi tubuh mana sakit gigi berada.

Para peneliti di McGill University (Kanada) telah menunjukkan bahwa dengan menggosokkan es batu, intensitas nyeri dibagi dua oleh mati rasa di tangan (efek ini kemungkinan disebabkan oleh gangguan impuls nyeri ke otak).

6. Mengurangi rasa sakit jarum suntik dengan batuk

Meski telah coba ditenangkan oleh perawat, kadang ketakutan pasien pada jarum suntik bukannya berkurang malah makin menjadi-jadi. Rasa sakit yang bagi sebagian orang bisasa saja, bagi yang lain bisa menjadi mimpi buruk. Tapi mungkin ada satu cara mudah untuk mengurangi rasa sakit saat disuntik yang akan menenangkan pasien.

Dalam literatur medis, cara ini disebut sebagai trik batuk. Pasien diminta untuk batuk sebelum suntikan dilakukan dan batuk sekali lagi saat sedang disuntik. Tidak jelas bagaimana cara kerja trik ini. Mungkin hanya sebagai pengalih perhatian atau bisa jadi sebagaimana yang dilaporkan dalam sebuah penelitian, batuk singkat akan menaikkan tekanan darah dan mengurangi persepsi nyeri akibat suntikan.

Jadi bagi yang takut disuntik tapi tak bisa mengelak, batuklah sebelum dan saat disuntik. Tapi sebelum batuk beritahukan pada perawat Anda akan batuk agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

7. Menghilangkan hidung gatal

Hidung kadang terasa gatak tanpa sebab. Tak usah bingung, cukup tekan ibu jari Anda pada kening diantara dua alis dan gosok-gosok langit-langit mulut dengan lidah. Trik ini akan mengeringkan sinus Anda dan gatal hidung akan segera hilang.

8. Sulit bersin

Bagi Anda yang ingin bersin tapi tak kunjung bisa, cobalah cari cahaya terang dan tataplah cahaya tersebut. Maka Anda akan segera bersin dengan keras. Penjelasan ilmiahnya? belum ada. Namun trik ini efektif.


Untuk praktek lebih jelas bisa Anda simak di video berikut:



Sumber :
http://www.smh.com.au/news/National/Leg-scratch-controls-womens-loo-call/2006/08/02/1154198188126.html
http://www.newsweek.com/career/weirdest-stress-reducer-ever-totally-works
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1801755/
http://www.lifehack.org/articles/lifestyle/the-best-body-hacks-you-should-know.html

loading...