17 Februari 2016

Hilangkan Lemak Perut Dalam 12 Hari Dengan Es Batu

Tags

Tipsiana.com - Bagi kebanyakan orang, lemak adalah sesuatu yang tidak diinginkan. Lemak akan membuat paha menjadi lembek, pakaian terlalu sempit dan bentuk tubuh menjadi tidak proporsional. Tapi kadang, mesti kita telah berusaha mati-matian untuk mengurangi lemak dari tubuh kita, usaha tersebut sering sia-sia.

Terlalu banyak lemak akan meningkatkan resiko penyakit tertentu seperti jantung atau diabetes tipe 3, sehingga saat ini banyak peneliti mencari cara untuk menghilangkan lemak secara efektif.


Manusia memiliki dua jenis tipe sel lemak; putih dan coklat. Penting untuk mengetahui perbedaan keduanya agar kita dapat lebih mudah menghilangkannya. Jaringan lemak putih adalah lapisan tipis yang terletak di perut, di belakang lengan dan di bagian paha. Jaringan ini bertindak sebagai insulator panas yang berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap stabil.

Studi menunjukkan bahwa paparan suhu dingin mampu menghilangkan sel lemak

Kontak tubuh yang cukup lama dengan suhu dingin akan mendorong perubahan dari jenis lemak putih ke jaringan lemak coklat yang akan membantu menurunkan berat badan. Oleh karena itu, dinegara-negara bermusim dingin, peneliti merekomendasikan untuk menurunkan termostat beberapa derajat untuk beberapa jam sehari selama musim dingin.


Selama biopsi jaringan lemak, para peneliti telah menemukan bahwa lemak perut dan paha berubah menjadi lemak coklat di musim dingin. Ini membuktikan dingin mampu merubah lemak putih ke lemak coklat.

Dalam sebuah studi, sekelompok orang diminta tidur didalam ruangan bersuhu 18°C. Setelah 4 minggu, jumlah lemak coklat mereka meningkat dua kali lipat, sensitivitas insulin meningkat dan banyak kalori yang terbakar. Terapi ini disebut sebagai termogenesis dingin.


Terapi es untuk membakar lemak

Para peneliti mengatakan bahwa pembakaran lemak tubuh dapat distimulasi dengan cara sederhana; mengkompres area lemak perut selama 30-60 menit dengan es batu. Teknik ini akan mendorong proses konversi jaringan lemak putih menjadi lemak coklat dan efeknya akan menurunkan berat badan. Terapi ini akan menjadi lebih baik dilakukan bila dibarengi dengan diet sehat dan olahraga teratur.

Metode ini akan mendinginkan kulit dan mneyebabkan tereliminasinya sel lemak, yang kemudian akan dicerna oleh tubuh.

Bagaimana cara menerapkannya?

Bungkus es dengan kain tipis dan letakkan di daerah perut selama 30 - 60 menit. Ulangi proses ini sekali sehari selama 12 hari.

Satu-satunya efek samping dari terapi ini adalah radang dingin, jadi hati-hati ketika menggunakan kompres es. Angkat kantong es secara berkala agar tidak terjadi peradangan.

Gejala-gejala yang menandakan radang dingin adalah :
- Kesemutan dan mati rasa pada kulit;
- Kulit berubah kemerahan dan terasa nyeri;
- Kulit menjadi tegang dan tidak sensitif saat disentuh;
- Lecet.

Jika Anda mendapati gejala-gejala tersebut, Anda tidak harus buru-buru memanaskan area yang terkena gejala dan memijatnya, cukup dengan memberi kompres kain hangat akan segera menghilangkan gejalanya.

Yang juga perlu diperhatikan, orang yang memiliki penyakit pembuluh darah perifer dengan aliran darah rendah, neoropati perifer, perokok dan penderita diabetas, harus berhati-hati dan sebaiknya menghindari terapi es ini.

Sumber : http://thescienceofeating.com/2015/08/12/spot-reduce-fat-by-cooling-it-studies-show-cooling-fat-kills-fat-cells/

loading...