5 Januari 2016

Tips Sembuhkan Hidung Tersumbat Dalam Semenit

Tags

Tipsiana.com - Menghirup udara dingin dapat memicu hidung tersumbat bahkan mengi (nafas berbunyi). Kadang-kadang ini disebabkan oleh efek alami tubuh manusia, namun seringkali hidung berair, tersumbat yang disertai nafas berbunyi adalah respon alergi terhadap udara dingin.

Jika hal ini terjadi, obat-obatan pencegah hidung tersumbat biasanya dapat segera melancarkan kembali saluran nafas. Namun bila anda tidak suka mengkonsumsi pil, atau obat ternyata tidak berpengaruh pada penyumbatan hidung Anda, tips ini akan membantu melancarkan kembali saluran nafas Anda dengan efektif.


Trik pertama adalah dengan cara "trik ketukan lidah", dimana Anda menekan ujung lidah Anda di bagian atas mulut dan kemudian lepaskan. Setelah itu, segera tekan dua jari di dahi diantara alis. Ulang  proses "tekan dan ketuk" beberapa kali hingga hidung Anda terasa lega.


Jika cara tersebut belum berhasil, cobalah metode lain dengan cara menahan nafas Anda. Dongakkan kepala dan tekan hidung hingga hingga benar-benar tertutup. Tahan nafas Anda selama yang Anda bisa dan bernafaslah saat Anda benar-beanr tidak bisa menahan nafas lagi. Dengan metode ini otak akan Anda 'menyadari' bahwa Anda sedang dalam kondisi kurang oksigen sehingga otak memerintahkan untuk mengaktifkan 'mekanisme bertahan hidup' dan segera membersihkan saluran hidung.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mempraktekkan tips menghilangkan hidung tersumbat pada video berikut :

loading...