5 Januari 2016

Posisi Duduk Ini Berbahaya Untuk Anak Anda

Tags

Tipsiana.com - Pernah Anda melihat si kecil duduk dengan posisi seperti di foto ini? jika Ada sering melihatnya, lebih baik segera hentikan kebiasaan duduk dengan posisi kaki membentuk huruf "W" sebelum terlambat. Duduk dengan posisi "W" tidak direkomendasikan untuk siapapun.

Biasanya anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tanpa sadar sering duduk dengan posisi ini saat bermain. Tubuh anak yang masih lentur membuat mereka merasa yaman duduk dengan posisi kaki "W". Tapi para orangtua harus menyadari bahwa duduk dalam posisi "W" dalam waktu yang lama dan menjadi kebiasaan dapat menyebabkan masalah kesehatan dimasa depan.


Ternyata, duduk dengan posisi ini akan mengganggu kemampuan anak untuk memutar tubuhnya. Posisi ini juga memberikan tekanan berlebih pada pinggul dan lutut anak, yang dapat menyebabkan masalah gangguan tulang ketika dewasa nanti. Selain itu, akan memperbesar resiko anak mengalami dislokasi tulang pinggul dan terganggunya kemampuan gerak tulang kaki. Yang juga harus diwaspadai, otot-otot yang dipaksa meregang ketika duduk dalam posisi ini akan membentuk pola pergerakan yang abnormal pada otot dan bisa mengganggu perkembangan otot anak.



Cara yang paling efektif untuk mencegah masalah ini adalah menghindari  posisi duduk "W" jangan sampai menjadi kebiasaan pada anak. Awasilah anak saat bermain dan bila terlihat duduk dengan posisi ini, ajarkan untuk merubah posisi duduknya. Terangkan dengan bahasa sederhana kalau duduk seperti itu bisa berbahaya bagi kesehatannya. Ajari posisi duduk alternatif lain yang lebih nyaman untuk anak. Dan yang terpenting, ingatkan secara konsisten agar anak menghindari posisi duduk yang salah.


Sumber : http://www.pediatricservices.com/parents/pc-22.htm, http://www.skillsforaction.com/w-sitting

loading...