8 Januari 2016

Inilah 15 Penemu Terkaya Di Dunia

Tags

Tipsiana.com - Jika Anda sedang duduk santai di rumah dan tiba-tiba, sebuah ide brilian terbersit di benak, apa yang Anda lakukan? kebanyakan dari kita mungkin akan menyerah dan lebih memilih mengabaikannya karena berpikir pasti sudah ada orang yang menemukan ide tersebut. Tapi lain kali, jangan pernah abaikan ide brilian Anda.

Segera tulis dan pelajari ide tersebut. Tak perlu harus seperti si jenius Tony "Iron Man" Stark yang selalu punya penemuan berteknologi mutakhir, karena penemuan sederhana sekalipun ternyata bisa jadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Jika Anda tidak percaya, lihatlah 15 penemu terkaya di dunia ini, dan perhatikanlah, ternyata beberapa penemuan yang sepertinya sepele bisa mendatangkan begitu banyak uang.


15. Thomas Edison (1847 - 1931)

Nilai kekayaan : $200 juta (2,8 triliun rupiah)
Kebangsaan : Amerika Serikat
Penemuan penting : Bola lampu pijar, kamera film, fonograf dan mesin x-ray


Tahukan Anda Thomas Edison lah yang bertanggung jawab sebagai orang yang membuat kata "halo" menjadi kata pembuka saat menelpon? Ia juga mencetuskan istilah "bugs" untuk celah masalah yang muncul dalam sebuah sistem baru. Tak diragukan lagi ia merupakan penemu terhebat sepanjang sejarah, ia juga salah satu penemu paling produktif yang pernah ada dengan memegang 1.000 hak paten penemuan atas namanya.

14. Alfred Nobel (1833 - 1896)

Kekayaan : $300 juta (4,2 triliun rupiah)
Kebangsaan : Swedia
Penemuan penting : Dinamit


Alfred Nobel dijuluki sebagai 'merchant of death' atau pedagang kematian, setelah ia menemukan bahan peledak dinamit dan kematian yang tak terhitung jumlahnya akibat temuannya tersebut. Meski begitu, namanya akan selalu dikenang sepangjang masa karena menjadi nama dari sebuah penghargaan prestisius; Nobel Prize. Hadiah untuk Penghargaan Nobel berasal dari Alfred Nobel yang menyumbangkan 94% kekayaannya sebagai penghargaan bagi orang-orang yang berjasa bagi kemanusiaan. Ia melakukannya sebagai penebus rasa bersalahnya karena telah menemukan dinamit yang ternyata juga digunakan untuk membunuh.

13. Richard Arkwright (1732 - 1792)

Kekayaan : $310 juta (4,34 triliun rupiah)
Kebangsaan : Inggris
Penemuan penting : Mesin pemintal tenaga air


Ia merupakan salah satu tokoh kunci revolusi industri di Inggris yang paling kontroversial dalam daftar ini. Temuannya ternyata berbasis dari  temuan orang lain, dimana pada akhirnya hak patennya dibatalkan. Namun ia telah berhasil mengumpulkan kekayaan yang sangat besar, juga ia berhasil menyandang gelar ksatria dari kerajaan Inggris.

12. Scott Seamans, Lyndon Hanson, George Boedecker, Jr.

Kekayaan : $1 milyar (14 triliun rupiah)
Kebangsaan : Amerika Serikat
Penemuan : Sandal Crocs


Sandal dan sepatu yang terlihat aneh namun tidak akan membuat Anda terpeleset di kolam renang ini pertama kali dicetuskan oleh tiga orang sahabat yang sedang berlayar. Mereka menciptakan sandal berbahan busa yang di modifikasi hingga menjadi sangat kuat  yang disebut sebagai 'Croslite'. Karena kenyamanan dan memiliki banyak kelebihan, sandal tersebut sukses dipasaran. Sejak pertama kali dibuat, sandal crocs telah terjual sebanyak 300 juta pasang diseluruh dunia.

11. Gary Michelson (1949-sekarang)

Kekayaan : $1,5 milyar (21 triliun rupiah)
Kebangsaan : Amerika Serikat
Penemuan : Berbagai peralatan bedah medis


Jika Anda pernah mengalami operasi pembedahan, mungkin Anda tanpa sadar telah memakai salah satu alat temuan Gary Michelson. Bagaimana tidak, ia memegang 1000 hak paten atas temuannya di bidang peralatan medis dan bedah.

10. Mario Moretti Polegato (1952-sekarang)

Kekayaan : $2,3 milyar (32,2 triliun rupiah)
Kebangsaan : Italia
Penemuan : Sepatu Geox


Mario Moretti Polegato capek harus menderita bau kaki menyengat sehabis berjalan di panasnya gurun Nevada, dan peristiwa tersebut menjadi awal dari perjalanannya mencari bahan karet untuk sepatu yang bisa 'bernafas'. Ide brilian Polegato ditolak mentah-mentah perusahaannya. Tapi ini tak menghalanginya, ia putuskan keluar dari perusahaan dan membuat perusahaan sepatu sendiri bernama 'Geox' yang akhirnya sukses besar.

9. Ty Warner (1944-sekarang)

Kekayaan : $2,5 milyar (35 triliun rupiah)
Kebangsaan : Amerika Serikat
Penemuan : Beanie Babies


'Peanut', 'Pinchers' dan 'Princess' adalah sebagain kecil dari nama keluarga boneka bayi yang diciptakan oleh Ty Warner. Warner berhasil menerapkan strategi bisnis yang cerdas dengan mengatur persediaan dan permintaan. Strategi jitunya berhasil membuat mainan Warner menjadi fenomena internasional.


8. John (1852-1943) dan Will Kellogg (1860 - 1951)

Kekayaan : $2,8  milyar (39,2 triliun rupiah)
Kebangsaan : Amerika Serikat
Penemuan : Kellogg's Corn Flakes


Kisah latar belakang dari Kellog bersaudara cukup menarik, dimana corn flakes ditemukan secara tak sengaja saat mereka bermaksud memanggang gandum basi untuk membuat semangkuk sarapan klasik. Tak disangka, makanan ciptaan mereka digemari banyak orang dan perusahaan mereka sukses besar di dunia.

7. Hans Riegel Bonn Sr. (1893-1945)

Kekayaan : $3 milyar (42 triliun rupiah)
Kebangsaan : Jerman
Penemuan : Permen Gummy bears dan Haribo


Haribo merupakan salah satu pabrik permen tertua di dunia yang didirikan tahun 1920 di Bonn, Jerman. Nama Haribo adalah singkatan dari nama pendirinya HAns RIegel BOnn. Yang paling terkenal adalah permen dengan tekstur kenyal berbentuk beruang yang sering disebut gummy bears. Saat ini pabrik HARIBO memproduksi 100 juta permen gummy bears setiap hari.

6. Samuel Colt (1814-1862)

Kekayaan : $3,5 milyar (49 triliun rupiah)
Kebangsaan : AS
Penemuan : Pistol Colt


Penemuan pistol Colt tak lepas dari kepiawaian Samuel Colt dalam berinovasi. Karena kehandalannya, desain pistol legendaris tipe Colt 1911 tak pernah berubah sejak dirancang pada tahun 1911 hingga kini dan menjadi pistol standar tentara AS pada Perang Dunia. Begitu melegendanya Pistol Colt  hingga dijuluki "Ibu dari semua Pistol".

5. James Dyson

Kekayaan : $4,9 milyar (68,6 triliun)
Kebangsaan : Inggris
Penemuan : Vacuum Cleaner Dyson


James Dyson adalah orang yang membawa industri alat penghisap debu menjadi alat pembersih standar dengan penemuan kantong vakum dual cyclone. Ia adalah orang yang percaya akan ketekunan dan ini mengantarnya pada 15 tahun yang luar biasa dengan membuat lebih dari 5000 prototipe sebelum ia mendapatkan temuan yang sempurna.

4. Chaleo Yoowidhya (1923-2012) dan Dietrich Mateschitz (1944-sekarang)

Kekayaan : $5 milyar (70 triliun rupiah) dan $10 milyar (140 triliun rupiah)
Kebangsaan : Thailand dan Austria
Penemuan : Red Bull (Kratingdaeng)


Dua orang inilah yang memiliki peran menemukan dan memformulasikan minuman energi tinggi kafein, Red Bull (di Indonesia dikenal sebagai Kratingdaeng). Meski perusahaan mereka kini berasosiasi tidak hanya pada produksi minuman energi, kesuksesan mereka telah meluas dan dikenal di seluruh dunia berkat strategi pemasaran yang efektif.

3. Benjamin Franklin (1706-1790)

Kekayaan : $10,3 milyar (140,4 triliun rupiah)
Kebangsaan : Amerika Serikat
Penemuan : Kelistrikan, Penangkal petir, tungku (tanur) perapian dan banyak lagi


Bapak pendiri Amerika sekaligus Presiden AS, Benjamin Franklin memiliki dampak yang sangat besar bagi dunia listrik. Ia mengembangkan beberapa temuan seperti alat penangkal petir dan Tungku Franklin. Ia juga menemukan kacamata bifokal (kaca mata dua fokus),  kaca armonica dan sebuah alat yang paling sering dipakai pada film-film horor; kursi malas. Seluruh penemuannya tidak mau ia patenkan, namun tetap saja, ia mendapatkan kekayaan yang luar biasa dari kejeniusannya.

2. Michele Ferrero (1925-2015)

Kekayaan : $26,7 miyar (37,4 triliun rupiah)
Kebangsaan : Italia
Penemuan : Tic Tac, Kinder chocolate, Ferrero Rocher dan Nutella


Ia adalah pemilik parik coklat Ferrero SpA, perusahaan makanan ringan terbesar kedua di Eropa. Awalnya usahanya dirintis dari hanya sebuah toko kue kecil dan kafe milik ayahnya. Sukses pertamanya adalah saat menambahkan minyak nabati kedalam makanan tradisional, pasta gianduja yang akhirnya melahirkan snack populer di dunia; Nutella. Produk-produk lainnya makin mengukuhkannya sebagai raja coklat ibarat Winki Wonka. Siapa yang tak kenal kinder chocolate, Ferrero Rocher dan Tic Tac?.

1. Henry Ford (1863-1947)

Kekayaan : $199 miyar (278,8 triliun rupiah)
Kebangsaan : Amerika Serikat
Penemuan : Ford Motors dan berbagai temuan lain yang dipatenkannya


Usahawan paling hebat yang mungkin pernah ada, Henry Ford, mendirikan perusahaan Ford Motors pada 1903, meskipun bertentangan dengan kepercayaan populer, ia bukanlah orang yang menemukan mobil. Peran terbesar dari Henry Ford adalah ia mampu menemukan proses memproduksi mobil secara massal yang revolusioner. Berkat temuannya, biaya produksi mobil yang awalnya sangat mahal dan tidak mampu dibeli orang menjadi jauh lebih murah, yang membuat orang mampu membeli mobil dan menjadikannya kendaraan paling populer di dunia hingga saat ini.

Sumber : redcandy.co.uk

loading...