7 Januari 2016

10 Hal Yang Dilakukan Orang Sehat Sebelum Tidur

Tags

Tipsiana.com - Ingin badan Anda segar bugar setelah bekerja keras seharian? cobalah untuk segera beristirahat dengan tidur yang berkualitas di malam hari. Orang-orang sehat tahu bahwa tidur adalah bagian penting dari rutinitas kebugaran mereka, sehingga mereka begitu memprioritaskan tidur yang berkualitas.

Berikut adalah beberapa trik tidur yang bisa kita tiru dari mereka, sehingga Anda bisa bangun dengan segar dan siap menghadapi hari-hari sibuk Anda.

1. Mandi Air Hangat

Menurut para ahli, suhu tubuh sangat penting dalam mengatur tidur. Mandi air hangat di malam hari bisa membantu proses tersebut. Air hangat memberikan efek menenangkan yang akan membantu Anda merasa santai sehingga mempercepat Anda tertidur serta meningkatkan kualitas tidur Anda.

2. Meditasi

Tenangkan pikiran Anda dengan melakukan meditasi selama beberapa saat. Praktik meditasi memiliki beragam keuntungan bagi kesehatan, termasuk membuat tidur menjadi lebih baik. Cobalah untuk bermeditasi sebelum Anda tidur malam ini dan Anda akan menuai manfaat pada keesokan harinya.

3. Catatan Harian

Anda mengalami susah tidur? cobalah untuk menulis catatan harian. Penelitian menunjukkan menuliskan hal yang membuat Anda tertekan dan secara fisik membuangnya dapat membantu membersihkan pikiran Anda. Tidak hanya itu, buku harian dapat meningkatkan daya pikir. Para ahli bahkan merekomendasikan sebagai salah satu cara untuk membantu Anda untuk cepat tidur.

4. Minum Air

Alkohol sangat tidak baik sebagai pengantar istirahat malam Anda. Meskipun menenggaknya akan mempercepat tidur Anda pada awalnya, penelitian membuktikan bahwa ternyata pengaruh alkohol akan mengganggu tidur Anda sepanjang malam. Lebih baik Anda mengambil segelas air putih dan meminumnya sebelum tidur. Anda akan memperoleh tidur yang nyenyak dan terhidrasi saat bangun pagi.

5. Gosok Gigi Sebelum Tidur

Para dokter merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari. Jika tidak, plak dan bakteri akan dengan mudah tumbuh berkembang, yang akan membuat nafas Anda berbau tak sedap dan membahayakan kesehatan mulut Anda.


6. Olahraga Ringan

Buatlah tubuh berkeringat sebelum tidur. Melakukan olahraga ringan tidak hanya membuat Anda sehat, penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

7. Menjauhi Perangkat Elektronik

Nonton tv sebelum tidur sebaiknya dihindari. Beberapa kebiasaan sebelum tidur yang terlihat tidak membahayakan sebenarnya dapat mendatangkan malapetaka bagi istirahat Anda. Studi membuktikan emisi cahaya biru yang terpancar dari handphone, laptop maupun tv kita dapat mengganggu siklus tidur. Bahkan dengan hanya berselancar beberapa menit di Facebook dapat merusaknya. Jika Anda terbiasa bergantung pada gadget untuk membangunkan Anda, mulai sekarang cobalah letakkan ponsel diluar kamar dan ganti alarm ponsel dengan alam jam biasa.

8. Makan dengan Bijak

Mungkin Anda pernah mengetahui ada yang mengatakan untuk tidak makan menjelang tidur. Ternyata saran itu tidak sepenuhnya benar. Yang harus dihindari adalah memakan cemilan yang tinggi kalori. Faktanya, beberapa makanan bila kita makan menjelang tidur malah mampu membantu mengatur kadar gula darah Anda. Penelitian menyarankan bahwa menkonsumsi buah dapat membatu meningkatkan kulaitas tidur.

9. Menjauhi Binatang Peliharaan

Meski beberapa ahli mengatakan bahwa tidur dengan binatang peliharaan dapat mengganggu tidur Anda, namun penelitian menunjukkan pada beberapa orang tidur dengan binatang peliharaannya malah memudahkan tidur mereka. Jadi semua bergantung pada tipe tidur seseorang. Jika Anda seorang yang mudah bangun bila mendengar sesuatu, lebih baik jauhi binatang kesayangan Anda dari tempat tidur. Intinya, dengan segala cara, jadikan ranjang Anda sebagai surga untuk tidur.

10. Tidur dalam Waktu Yang Cukup

National Sleep Foundatian merekomendasikan agar orang dewasa tidur selama tujuh hingga sembilan jam semalam. Jika Anda ingin istirahat yang baik, usahakan untuk naik ke ranjang pada jam yang tepat sehingga jumlah jam tidur Anda akan cukup ketika bangun di pagi hari. Bila Anda ingin bangun pukul 5 pagi, artinya Anda harus segera tidur pada pukul 10 malam.

Pada akhirnya, memprioritaskan waktu tidur tidak harus dengan cara yang sulit. Segala persiapan yang Anda lakukan untuk tidur memperoleh tidur yang berkualitas akan sepadan dengan manfaat yang didapat ketika bangun dengan segar bugar di pagi harinya.

Sumber: huffingtonpost.com

loading...