10 Desember 2015

Wow, Harta Karun Kapal Spanyol Senilai 13 Trilyun Ditemukan

Tags

Tipsiana.com - Kapal Spanyol yang telah tenggelam 307 tahun yang lalu berisi batu permata dan emas bernilai triliunan rupiah ditemukan di perairan Kolombia. Otoritas Kolombia merilis foto pertama dari kapal Spanyol yang tenggelam 3 abad yang lalu, yang menewaskan sekitar 600 penumpang dan awak.

Kapal bernama San Jose tersebut dibuat pada 1696 dan tenggelam akibat serangan Angkatan Laut kerajaan Inggris di lepas pantai Cartagena pada tahun 1708, saat mengangkut harta dari negeri jajahannya di Amerika Selatan. Rencananya harta tersebut akan dibawa ke Spanyol sebagai upaya untuk membiayai perang Spanyol melawan Inggris.


Sejak saat itu, kapal tersebut dianggap sebagai kapal "Cawan Suci" yang dipercaya sebagai penemuan harta karun dari kapal tenggelam yang terbesar.

Kapal San Jose terdeteksi oleh sonar saat robot bawah air melakukan pencarian untuk menemukan kapal. Meskipun belum ada harta karun yang diangkat ke permukaan, perkiraan sementara harta tersebut bernilai sekitar 1 miliar dolar.



Menurut kantor kepresidenan Kolombia, kapal berbobot 1.066 ton tersebut dilengkapi 60 meriam yang terlihat di dasar laut, bersama dengan meriam perunggu, keramik, vas porselen dan senjata.


Meski pihak berwenang Kolombia telah merilis foto, mereka tidak mengungkapkan detail letak koordinat lokasi kapal tersebut. Ini untuk mengantisipasi saingan mereka yang mengklaim juga telah menemukan kapal tersebut.


Perusahaan pencari harta karun AS mengaku juga telah menemukan Kapal San Jose pada tahun 1981 dan mereka meminta hak atas harta karun setidaknya setengah bagian. Sementara Spanyol juga mempertimbangkan untuk mengambil kembali hartnya yang telah tenggelam selama 300 tahun yang lalu tersebut.

loading...