2 Desember 2015

Trik Menghentikan Tangis Bayi Dalam Sekejap

Tags

Tipsiana.com - Bayi menangis adalah hal yang lumrah, karena tangisan adalah satu-satunya cara si mungil berkomunikasi dengan orang lain. Namun kadang kita sering tak mengerti apa maksud dari tangisan si bayi, apakah ia haus atau ingin ditimang oleh orangtuanya.

Banyak orangtua yang kebingungan saat si kecil tak berhenti menangis, padahal menurut kita semua keinginannya sudah dipenuhi. Apalagi bila hal ini terjadi di tengah malam, saat orangtua harus beristirahat, disitulah anak kita minta perhatian dengan menangis tiada henti. Dan kita seringkali kita dibuat bingung bagaimana cara menghentikan tangis si buah hati.


Dr. Robert Hamilton Dokter anak di Pasific Ocean Pediatrics, Santa Monica, punya teknik sederhana yang menurutnya bisa membuat hampir semua bayi  bisa berhenti menangis dalam sekejap. Benarkah bisa semudah itu?

Hamilton menerangkan metode menenangkan bayi melalui Youtube dengan memperlihatkan dua orang bayi yang menangis keras selepas disuntik. Ajaibnya, trik menghentikan tangis bayi ini berhasil hanya dalam hitungan detik.

Bagaimana caranya?


Pertama, lipat lengan bayi Anda menyilang di dada :



Amankan lengan bayi dan tahan dagu bayi dengan satu tangan, sementara tangan dominan kita (tangan yang paling sering kita gunakan) memegang bagian pantat bayi:



Lalu timang-timang dengan lembut bayi Anda dengan kemiringan 45 derajat agar bayi segera berhenti menangis:



"Lakukan semuanya dengan sangat lembut," Hamilton menjelaskan. "Jangan pernah menimang bayi dengan gerakan menghentak-hentak."

Teknik ini sangat ampuh dilakukan pada bayi berumur 2 hingga 3 bulan, terang Hamilton. Setelah usia tersebut, bayi akan menjadi terlalu berat untuk ditimang dengan aman bila dalam posisi seperti di video.


Ia juga menerangkan untuk memegang bayi Anda dengan memusatkan beban bayi pada bagian empuk telapak tangan Anda, bukan pada jari-jari tangan Anda. Dan yang paling penting adalah membiarkan bayi menghadap kedepan dengan sudut kemiringan 45 derajat. Jika tidak, kepala anak mungkin akan membuang kebelakang dan Anda bisa kehilangan pegangan.

Hamilton berpesan, jika dengan trik tersebut bayi Anda tetap tak mau diam menangis, bisa jadi karena ia sedang lapar atau sedang sakit.

Ok, sekarang Anda telah mengetahui tips dan trik cara agar bayi Anda berhenti menangis dalam sekejap. Semoga bisa tidur nyenyak malam ini.

Sumber : huffingtonpost.com

loading...