27 November 2015

Wow, Warna Biji Jagung Ini Mirip Batu Akik

Tags

Tipsiana.com - Banyak orang yang tak percaya dengan foto jagung ini. Warna-warni biji jagung yang indah bak batu permata ini membuat banyak orang penasaran dan menganggapnya hanya hoax. Padahal, jenis jagung pelangi ini memang benar-benar ada, bukan bohongan dan bukan rekayasa Photoshop. Varietas jagung unik ini bernama "Glass Gem Corn".

Biasanya warna jagung adalah kuning kemerahan, namun Carl Barnes, seorang petani asal Amerika Serikat berhasil mengembangkan varietas jagung yang sangat unik karena biji-biji berwarna-warni. Dilihat sekilas, biji-biji jagung ini seperti batu akik yang tertanam di bonggol jagung. Barnes berhasil mendapatkan varietas jagung permata ini setelah melakukan penyilangan selama bertahun-tahun.


Carl adalah petani yang memiliki darah keturunan Indian dan Irlandia dan tinggal di Oklahoma. Pada tahun 1994 saat ia berumur 80-an tahun, Carl bertemu dengan orang yang sama-sama punya ketertarikan pada penyilangan benih jangung bernama Greg Schoen. Mereka berdua sangat mencintai pekerjaan pekerjaan mereka dan akhirnya sebelum meninggal, Carl mewariskan benih dan rumus penyilangan jagung permata tersebut kepada Schoen. Ia juga meminta Schoen untuk terus membiakkan varietas jagung yang ditemukannya tersebut.


Jagung permata setiap bijinya memiliki pola warna yang berbeda-beda. Jagung ini tidak bisa dimakan langsung. Agar bisa dimakan, jagung harus diolah menjadi tepung jagung atau popcorn terlebih dahulu. Sayangnya, ketika menjadi popcorn, warnanya berubah menjadi putih.

Benih jagung permata ini sudah banyak dijual secara online. Di Indonesia, petani menjulukinya sebagai Jagung Pelangi atau Jagung Rainbow. Perpaket berisi 5 biji benih jagung dihargai sekitar 20 ribu rupiah. Ayo, siapa tertarik menanam jagung akik ini?




Sumber : mobgenic.com, ba-bamail.com

loading...