9 November 2015

Sepuluh Manfaat Kulit Telur Yang Tidak Anda Ketahui

Tags

Tipsiana.com - Bila Anda seorang penikmat telur, Anda mungkin telah menghabiskan banyak telur dalam seminggu. Telur memang telah menjadi salah satu sumber protein yang paling banyak di konsumsi seluruh lapisan masyarakat. Jenis olahan telur yang beragam membuat telur sangat dikenal dan masuk dalam menu wajib hampir setiap rumah tangga.

Yang sering dilupakan adalah kulit telur. Tanpa berpikir dua kali biasanya kita langsung membuang kulit telur ke keranjang sampah. Padahal ternyata kulit telur menyimpan banyak manfaat yang bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan. Jadi, jangan buang kulit telur Anda sebelum baca artikel ini.



Berikut sepuluh kegunaan cangkang kulit telur yang belum banyak diketahui.

1. Masker pengencang kulit wajah dari kulit telur

Cuci dan keringkan cangkang telur, lalu tumbuk halus menggunakan lesung atau alu  hingga menjadi bubuk. Campur bubuk kulit telur dengan putih telur, lalu oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering. Cuci bersih wajah Anda dan rasakan bedanya.

2. Membuat ampelas pembersih peralatan dapur dari kulit telur

Gunakan kulit telur yang telah dihancurkan (tapi tidak sampai menjadi bubuk) yang dicampur denga n air sabun untuk membersihkan bagian bawah panci dan wajan. Larutan ini juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian dalam wadah dengan cara masukkan larutan kemudian kocok. Peralatan rumah tangga Anda akan bersih kembali. Dan tentu saja, larutan ini ramah lingkungan.


3. Cangkang telur untuk membersihkan saluran pembuangan

Kulit telur bisa digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan di wastafel. Masukkan kulit telur yang telah diremukkan ke dalam pipa pembuangan air, kotoran yang menempel di dinding pipa akan mampu dibersihkan oleh kulit telur tersebut.

4. Kulit telur bisa digunakan untuk membantu pertumbuhan benih

Isi cangkang telur yang telah kosong dengan tanah dan tanam benih yang Anda ingin tanam kedalamnya. Tempatkan cangkang berisi benih tersebut diatas karton tempat telur dan biarkan hingga bibit tanaman Anda tumbuh. Ketika cukup siap, pindahkan bibit ke tanah untuk pembesaran. Biarkan cangkang telur ditanam bersama bibit.



5. Gunakan kulit telur untuk mengurangi rasa pahit kopi

Jika kopi Anda terasa terlalu pahit, cukup tambahkan kulit telur yang bersih dan kering kedalam saringan kopi. Cangkang telur mengandung kalsium karbonat, senyawa yang mampu menetralisir keasaman kopi yang mengurangi rasa pahit dan asam dalam kopi.


6. Kulit telur mempercepat pengomposan

Kulit telur ternyata mampu mempercepat proses pembusukan kompos. Kalsium yang terkandung dalam kulit telur sangat dibutuhkan dalam pengomposan. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan ampas kopi dari poin 5 kedalam campuran pupuk alami tersebut.


7. Mengusir siput dan keong dari kebun dengan kulit telur

Taburi kulit telur yang telah dihaluskan ke kebun Anda untuk mencegah siput dan keong serta ulat pemakan batang menggerogoti tanaman. Ternyata rusa juga membenci bau kulit telur.

8. Cangkang telur untuk obat iritasi

Gunakan cuka apel untuk melarutkan kulit telur (proses ini memakan waktu hingga dua hari), kulit telur yang telah larut dalam cuka apel dapat dioleskan disekitar iritasi kulit untuk mempercepat proses penyembuhan.

9. Manfaat lapisan membran kulit telur

Membran atau lapisan tipis yang berada di bagian dalam cangkang telur ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk pengobatan.


  • Untuk mengobati bisul, letakkan membran kulit telur pada bisul. Dalam beberapa hari bisul akan sembuh .
  • Membran kulit telur juga bisa digunakan untuk membersihkan komedo dan jerawat.
  • Letakkan sisi basah membran pada luka kecil atau goresan dan biarkan kering. Ini akan mempercepat proses  penyembuhan dan meinimalkan bekas parut.
  • Jika kulit di sisi kuku Anda tak sengaja terkelupas, tempelkan sisi basah membran kulit telur dan biarkan kering. Ini dapat menghentikan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.


10. Ubah cangkang telur menjadi cetakan

Buat lubang kecil di dua ujung telur lalu tiup isi telur keluar dari cangkang. Cuci hingga bersih. Tutup lubang kecil bagian bawah cangkang dengan selotip lalu isi cangkang dengan coklat panas atau jelly dan agar-agar. Saat tamu Anda berkunjung, suguhkan telur tersebut, mereka akan mendapat kejutan saat mengupas telurnya.



Untuk mengetahui teknik meniup telur, silahkan saksikan video berikut:



loading...