21 November 2015

Inilah Reaksi Pria Melihat Wanita Berhijab Di Jalanan New York

Tags

Tipsiana.com - Kini menjadi hal yang umum melihat orang-orang melecehkan wanita di jalanan. Sebuah siulan kekaguman pria sebenarnya malah merendahkan si wanita, dan seringkali si pria tak menyadarinya.

Pelecehan seksual hadir dimana saja dan kapan saja. Hal tersebut bisa terjadi di tempat umum, termasuk di saat menggunakan transportasi umum. Pelecehan seksual secara verbal bisa sangat menyakitkan dan seringkali pengaruhnya pada si korban akan sama menyakitkannya dengan pelecehan fisik non verbal.


Yang jadi pertanyaan, apa penyebab semakin banyaknya pelecehan terjadi di tempat umum? apakah karena para pria semakin tak bermoral atau mungkinkah si wanita juga punya peran, dengan cara berpakaiannya tanpa sadar memancing pria untuk mengagumi dengan cara yang salah?

Seorang wanita menguji reaksi para pria dengan berjalan di trotoar kota New York dengan berpakaian biasa. Pada paruh pertama video tersebut, ia mengenakan kaos putih, celana jins, dan sweater tipis melapis kaosnya.


Walau pakaiannya tidak tampak terlalu seksi, ternyata tetap saja orang-orang mulai memperhatikannya. Hampir setiap pria yang lewat mengganggunya dengan sekedar siulan atau berkomentar melecehkan. Seorang pria bahkan terus mengikutinya sambil merayu sampai tim syuting harus ikut campur.

Dalam paruh kedua video, wanita tersebut merubah total penampilannya dengan memakai hijab dan kembali berjalan di jalan yang sama untuk melihat reaksi para pria. Dengan hijab dan pakaian muslimah, lekuk tubuh wanita tersebut otomatis tertutupi dengan hanya menyisakan wajah dan tangan yang terbuka. Yang mengejutkan, tak satupun pria yang dilewatinya memberi komentar tentang pakaian yang dikenakannya. Lima jam berjalan di sepanjang trotoar kota New York praktis tanpa gangguan.


Ketika ditanya komentarnya, wanita yang sebenarnya bukan seorang muslimah tersebut cukup terkesan dengan pengalaman memakai pakaian muslimah. Ia tak menyangka tak ada seorangpun yang mengganggunya. Memang ada beberapa orang menatap dengan pandangan aneh, tapi mereka hanya diam. Sepanjang ia berjalan, wanita tersebut malah merasa nyaman dan damai.

Jadi bagi para wanita, terutama muslimah, bila ingin aman saat di jalan, memakai hijab dan pakaian yang sopan sepertinya merupakan pilihan bijak.

loading...