11 November 2015

Hindari 10 Kebiasan Ini Agar Anda Tak Cepat Tua

Tipsiana.com -Penuaan tidak bisa dihindari, tapi yang pasti tingkat penuaan berbeda-beda pada setiap orang. Pernahkah Anda berpikir mengapa beberapa orang tampak lebih tua dari umurnya?

Tentu saja semua orang ingin memperpanjang wajah muda mereka sebelum akhirnya benar-benar hilang dimakan usia, tapi apa itu mungkin? Rahasianya terletak pada kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari. Coba simak apakah sepuluh kebiasaan buruk ini menjadi keseharian Anda. Kalau iya, merekalah yang menyebabkan Anda menjadi tampak lebih tua dari umur Anda sebenarnya.


1. Kebiasaan ngemil berlebihan

Sangat mudah untuk mendapatkan makanan camilan yang lezat, namun bila Anda berkeinginan untuk menjaga fisik Anda tetap bugar dan awet muda, berhati-hatilah pada makanan yang manis dan berlemak. Seperti yang kita tahu, semakin kita tua, semakin mudah terkena berbagai penyakit seperti diabetes, gangguan jantung dan kanker. Sayangnya, semua penyakit ini berhubungan dengan konsumsi gula kita. Pada tingkat lanjut, gula dapat menyebabkan keriput di seluruh tubuh Anda, membuat kulit Anda tampak sembab dan lelah.

2. Kurang tidur yang parah

Di malam hari, orang dewasa idealnya tidur selama 7-9 jam. Saat Anda cukup tidur, tubuh akan memproduksi hormon tidur; Melotonin. Hormon ini akan meregenerasi sel-sel dan DNA tubuh. Alasan lain mengapa Anda harus cukup istirahat di malam hari karena ternyata manusia juga memproduksi hormon pertumbuhan di malam hari. Hormon ini bertanggung jawab sebagai pengencang otot dan menjaga kebugaran.

Tidur punya banyak keuntungan, sementara kurang tidur akan memiliki efek negatif yang serius pada tingkat fisik dan psikis. Anda akan tampak lebih tua dari umur Anda dan membuat Anda ingin selalu mengkonsumsi makanan berkalori tinggi.


3. Tidak mencintai diri sendiri

Seberapa besar Anda menghargai diri sendiri tercermin dari kebahagian dan energi Anda. Orang yang menyanyangi dirinya akan memastikan ia meluangkan cukup waktu untuk dirinya setiap hari. Banyak cara yang bisa dilakukan, membaca buku bagus, menyeruput secangkir teh kesukaan, melakukan hobi baru, atau mendaftarkan diri pada kelas seni. Ini akan memberikan hal yang baru setiap harinya. Anda akan menyadari, berapapun usia Anda, selalu saja ada hal baru yang menarik untuk Anda jelajahi.

4. Menggunakan alkohol sebagai pemecah masalah

Menelan seluruh isi botol alkohol adalah kebiasaan buruk. Saat Anda sedang menghadapi masalah, mudah untuk melupakannya sementara waktu dengan mabuk-mabukan. Tapi Anda sendiri tahu, minum alkohol takkan pernah menyelesaikan masalah Anda. Daripada terus menghindarinya, belajarlah untuk menghadapi dan menangani masalah dengan efektif.

Minum alkohol memberikan efek negatif pada kesehatan Anda, termasuk peningkatan peradangan dan memperlambat metabolisme tubuh. Cobalah tulis masalah Anda pada selembar kertas, siapa tahu dengan menuliskannya akan sedikit mengurangi beban pikiran. Dan tentu saja, membeli kertas lebih murah daripada membeli minuman keras.

5. Lupa cara memaafkan

Ingatlah bahwa menyimpan dendam adalah hal yang sia-sia. Saat kita tak mampu memaafkan, kita telah meletakkan beban stress pada diri kita sendiri. Pada akhirnya penyakit tekanan darah tinggi, kecemasan dan bahkan depresi akan mudah menghinggapi kita.

Lepaskan diri dari masa lalu dengan memaafkan, atau malah meminta maaf. Kadangkala ini juga diperlukan pada diri sendiri. Memaafkan diri atas harapan yang tak mampu tercapai, memaafkan rasa sakit hati akibat kecewa dan memaafkan waktu yang harus dihabiskan sampai Anda bisa move on. Tak ada kata terlambat untuk memaafkan.

6. Menjadi pribadi yang kurang pergaulan

Anda mungkin sibuk dengan pekerjaan dan tugas-tugas rumah, tapi pastikan hal tersebut tidak menjadi penghambat Anda untuk bersosialisasi. Sesekali, ingatlah untuk bersenang-senang dengan teman dan keluarga besar. Ingat, bukan hanya Anda yang butuh teman, kadangkala temanlah yang membutuhkan Anda.

Menghabiskan waktu bersama teman-teman dan bersosialisasi adalah cara yang baik untuk bersantai. Dengan bergaul Anda akan lebih bahagia, santai dan energi positif ini akan berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda.

7. Selalu dikelilingi bahan kimia

Jangan lupa bahwa bahan kimia selalu ditemukan di sekitar kita, dari makanan yang kita makan, hingga  produk pembersih yang kita gunakan. Bahan kimia tersebut mengandung sulfat, paraben dan phthalates, yang bertindak sebagai racun diam-diam dalam tubuh kita, bahan kimia tersebut mampu mengacaukan hormon kita.

Untuk menghindari kemungkinan meningkatkan efek penuaan, pastikan bahwa barang yang Anda beli bebas racun. Sebagai contoh; beberapa jenis sabun cuci piring dapat membuat keriput di tangan. Biasakan membaca label produk yang Anda pilih, pastikan produk yang Anda beli mengandung bahan-bahan yang aman.

8. Tak peduli dengan keintiman

Terlepas dari mempererat hubungan dengan pasangan Anda, kontak seksual membawa banyak manfaat lain pada kesehatan. Sebenarnya urusan ini adalah hal yang benar-benar alami, tetapi karena faktor usia dan kesibukan, kini sangat mudah untuk kehilangan gairah.

Agar awet muda, pastikan Anda selalu mempertahankan momen intim secara teratur dengan pasangan Anda. Hubungan intim yang teratur dan sehat akan mengurangi tingkat stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

9. Berolahraga dengan tujuan yang salah

Jika Anda berolahraga hanya karena ingin kurus, Anda memiliki alasan yang kurang tepat. Alasan utama yang harus Anda miliki ketika berolahraga harusnya lebih dari sekedar ingin kurus; harusnya Anda berolahraga karena ingin menyenangkan diri.

Ketika menggerakkan tubuh, hormon kebahagian di produksi, dan karenanya jangan sampai kesenangan ini terlewatkan selama kita berolahraga. Jika Anda terus berpikir tentang lemak yang tidak Anda inginkan dan merasa bersalah dengan berat badan, Anda akan kehilangan semua kesenangan berolahraga yang harusnya bisa Anda nikmati.

10. Menjadi orang yang terlalu serius

Penuaan bisa membawa kesuraman, tapi bukan karena salah Anda. Jadi tak usah gusar, karena hal utama yang membuat penuaan Anda lebih terlihat adalah karena kegusaran Anda. Buang itu jauh-jauh dan ganti cemberut Anda dengan senyuman.

Jangan memandang segala sesuatu terlalu serius karena tak semua hal perlu dikhawatirkan, terutama bila menyangkut urusan orang lain. Pastikan untuk bersikap optimis sepanjang waktu, selalu memiliki selera humor, tersenyum dan tertawa lepas, semua itu akan memberi kesan awet muda bagi orang yang melihat Anda. Siapapun Anda, jangan lewatkan untuk membuat orang lain tertawa bersama Anda.

loading...