30 November 2015

Dua Hal Yang Wajib Anda Lakukan Saat Terserang Flu

Tags

Tipsiana.com - Banyak ahli kesehatan, mulai dokter ahli penyakit dalam hingga imunologis, memberi saran tentang apa yang harus segera Anda lakukan begitu virus flu menyerang. Dan jawaban mereka ternyata sangat sederhana: Minum banyak air putih dan tidur.

Minum banyak air putih ternyata lebih manjur dibanding memakai obat semprot hidung atau pun makan sup ayam. Lakukan segera begitu tenggorakan Anda terasa gatal dan cairan mulai mengalir dari hidung yang berarti flu mulai menyerang. Minum segelas air secara konsisten setiap 1 sampai 2 jam sekali. Ini lebih baik dibanding Anda menenggak sebotol air pada pagi hari tapi lupa untuk minum kembali sampai sore.


Mengapa Air Putih? Alasannya sedikit menjijikkan

Menurut Vincent Racaniello, PhD, profesor mikrobiologi dan imunologi Universitas Columbia yang mempelajari tetang flu, saat sakit flu datang, tubuh kita butuh hidrasi yang cukup untuk melawan flu karena tubuh kita harus memproduksi cairan lendir untuk menyingkirkan virus, dan kita tidak bisa melakukan itu tanpa pasokan cairan yang cukup.

Saluran pernafasan kita dilapisi lendir dan struktur mirip rambut halus yang disebut silia untuk mendorong cairan, mulai dari paru-paru hingga ke mulut. Virus dan infeksi terdapat dalam lendir, dan biasanya Anda menghilangkannya dengan cara menelan hingga masuk kedalam sistem pencernaan.

Dengan terus-menerus minum air maka produksi lendir akan tetap berjalan. Tapi bukan berarti Anda harus selalu dekat dengan galon air. Pritish Tosh, MD, dokter ahli penyakit infeksi di Klinik Mayo, Minnesota menjelaskan, perhatikan warna air seni Anda. Pastikan air seni Anda jernih atau berwarna kuning terang, ini menandakan tubuh Anda punya cukup cairan. Urin yang berwarna gelap atau oranye menandakan tubuh Anda mengalami dehidrasi.

Dokter biasanya menentukan  apakah seseorang mengalami dehidrasi dengan cara mencubit kulit dahi kita (disebut tes turgor kulit), namun metode melihat warna urin lebih sederhana dan terbukti akurat.


Setelah minum air, lakukan hal ini saat malam

Tidurlah setidaknya selama 7-8 jam di malam hari (bila mungkin, tidur 9-10 jam akan lebih baik lagi). Para ahli menyatakan istirahat yang cukup sama pentingnya dengan tetap terhidrasi, meskipun kadang sangat susah untuk bisa tidur nyenyak saat flu melanda.

Dalam penelitian terbaru yang mempelajari tentang manfaat tidur, peneliti memantau kebiasaan tidur pria dan wanita sehat selama seminggu, kemudian mereka dikarantina dan diekspos dengan rhinovirus untuk melihat berapa banyak yang akan tertular. Ternyata, orang yang kurang tidur lebih rentan terhadap serangan virus tersebut.

Tidur juga membantu pergerakan lendir untuk membuang virus dan infeksi keluar dari tubuh. Penjelasan sederhananya, ketika Anda sedang tidur, tubuh Anda akan mengarahkan energi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda, namun ketika Anda terbangun, energi akan dibagi ke fungsi lainnya. Demikian penuturan Lipi Roy, MD, instruktur klinis RSU Massachusetts di Boston.

Jadi, silahkan ikuti dua saran ini : banyak minum air putih dan tidur minimal 7 jam, dan Anda akan segera pulih dari serangan flu.

Sumber : huffingtonpost.com dari oprah.com

loading...