13 November 2015

Cara Mudah Atasi Ragam Masalah Komputer Anda

Tags

Tipsiana.com - Komputer itu benar-benar hebat. Dengan komputer kita bisa menghemat waktu dan uang, menyatukan kembali teman yang lama menghilang dan menyediakan hiburan tak terbatas lewat internet.

Tapi kadangkala, komputer bisa tiba-tiba ngambek dan tak patuh lagi pada perintah kita. File tiba-tiba terhapus, pointer tetikus tak bergerak atau malah komputer membeku sama sekali tak merespon apapun perintah kita alias hang. Dan sebagai orang awam, kita tak selalu tahu bagaimana cara mengatasinya.


Panduan ini akan membantu mengatasi masalah umum komputer dengan mudah. Bagi yang sudah master komputer, panduan ini memang sepele. Tapi bagi yang belum punya jam terbang tinggi, mudah-mudahan ini bisa meringankan kebingungan Anda saat si kompie berulah.


1. File tak sengaja terhapus? Klik kanan recycle bin, lalu pilih restore.


2. Program aplikasi tak bisa keluar? Tekan dan tahan tombol Alt lalu tekan tombol F4.


3. Tak bisa menemukan program atau file? Klik Start, pilih search bar dan ketik nama file yang dicari.

Untuk Windows 7


Untuk Windows 8


4. Keyboar dan mouse tak bekerja? Coba lepas colokannya dan kembali pasang. Jika tetap tak berfungsi, restart komputer Anda.

5. Tombol "Start" menghilang? Gunakan tombol bergambar jendela "Windows" di keyboard (biasanya letaknya diantara tombol Ctrl dengan Alt).


6. Tak ada suara? Pertama, cek status di wondows apakah dalam posisi mute (diam), kalau demikian Anda tinggal menaikkan volume suaranya. Lalu, cek apakah speaker/ headphone Anda telah terpasang dengan benar. Jika tetap gagal, coba restart. Jika gagal juga, mungkin speaker Anda yang rusak.


7. Menu perintah tak berfungsi (warnanya menjadi abu-abu)? tekan tombol Esc di keyboar 3 kali. (Ini mungkin tak selamanya berhasil karena beberapa perintah dinonaktifkan selama proses yang sedang berlangsung).


8. Lupa tanggal? gerakkan mouse ke sudut kanan bawah layar dan tempatkan pointer mouse ditempat jam digital windows.


9. Taskbar menghilang? gerakkan pointer mouse bagian bawah layar, setelah ketemu tarik taskbar keatas.


10.Taskbar berpindah? cukup klik tahan dan tarik kembali ke posisi semula.


11. Ikon di desktop berantakan? klik kanan lalu pilih Arrange Icons.


12. Komputer macet? restart saja.



13. Program macet dengan jendela pemberitahuan? tutup jendela notifikasi. Itu akan kembali mengaktifkan program, atau tutup program.


14. Program macet tanpa pemberitahuan? klik kanan pada nama program di taskbar lalu close windows.


15. Tak sengaja menghapus ketikan atau bahkan file? klik Ctrl + Z untuk kembali tindakan terakhir Anda.


16. Program tertutup tiba-tiba? Cek apakah masih ada di taskbar, jika tidak ada mulai buka program Anda kembali.

17. Browser internet Anda memenuhi seluruh layar sehingga Anda tak bisa melihat yang lain? tekan tombol F11 di keyboard. Tombol F11 berfungsi untuk menampilkan browser menjadi layar penuh atau tekan sekali lagi untuk layar normal.


18. Ukuran huruf di internet browser terlalu kecil? Tekan tahan Ctrl ditambah tekan tombol "+", gunakan tombol Ctrl + "-" memperkecil dan Ctrl + 0 untuk kembali normal. Anda juga bisa tekan tahan tombol Ctrl lalu gunakan roda gulung di bagian tengah mouse Anda. Gulung ke bawah untuk mengecilkan huruf dan keatas untuk membesarkan.


19. Klik ganda tak bisa? Coba tekan Enter.


20. Saat mengetik, yang keluar huruf besar semua? tekan tombol "Caps Lock".


21. Huruf yang diketikkan menimpa huruf lainnya? tekan tobol "Insert"


22. Dokumen Anda tidak bisa disimpan karena berstatus "Read only"?  pilih "Save as" dan simpan dengan nama yang berbeda.


Ingat, Jika semua usaha Anda gagal, merestart komputer biasanya akan menyelesaikan masalah, tapi pastikan Anda menyimpan pekerjaan Anda sebelum melakukannya. Dan bila tombol restart tak bisa di klik dari layar komputer, Anda bisa melakukannya dengan menekan tombol kecil di komputer Anda atau menekan dan tahan tombol power komputer atau laptop Anda. Tapi jangan sering-sering karena beresiko merusak hardisk.

loading...