12 November 2015

5 Jenis Makanan Mengenyangkan Yang Tak Buat Gemuk

Tags

Tipsiana.com - Jika Anda sedang berjuang menurunkan berat badan, rasa lapar adalah musuh utama Anda. Sebagai solusi, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah makanan jenis apa yang bisa mengenyangkan tapi takkan membuat berat badan Anda naik. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah apakah makanan yang Anda konsumsi memiliki nilai kalori yang tinggi.

Seperti yang Anda ketahui, jumlah kalori yang terkandung dalam makanan tak selalu berhubungan dengan besarnya porsi makanan tersebut. Beberapa jenis makanan mengandung lebih sedikit kalori dibanding yang lain. Dan ternyata, jenis makanan berkalori rendah tak selalu harus berasal dari buah.


Berikut daftar dari 5 besar makanan yang terbukti yang paling mengenyangkan, namun memiliki jumlah kalori yang rendah. Daftar ini disusun berdasarkan jumlah kalori per 100 gr makanan, dimana jenis makanan yang terakhir adalah yang paling rendah kadar kalorinya.

1. Popcorn

Jumlah kalori : 376 per 100 g

Tentu saja popcorn yang sehat bukanlah yang Anda dapatkan saat nonton film di bioskop, tapi popcorn yang lebih alami dan bebas mentega. Karena memiliki permukaan yang luas dan mengandung banyak serat, popcorn akan mengenyangkan perut lebih baik di banding keripik kentang. Jika Anda ingin makanan ringan yang mengenyangkan, cepat dan sehat, ini adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Tips: Taburi popcorn dengan sedikit merica sebelum dimakan, ini akan membuat Anda merasa lebih kenyang.


2. Telur

Jumlah kalori : 155 per 100 g
Telur tak hanya sangat mengenyangkan, tapi juga kaya akan nutrisi, protein dan 9 asam amino yang penting untuk tubuh. Makan telur setiap sarapan (termasuk mengkonsumsi kuningnya yang paling kaya nutrisi) sangat ideal. Konsumsi telur lebih mengengenyangkan dibanding roti dan mampu memberi asupan kalori rendah selama lebih dari 36 jam.

Tips : Taburi garam, merica dan paprika pada irisan telur saat sarapan agar terasa lebih mengenyangkan.

3. Kentang

Jumlah kalori : 77 per 100 g

Meskipun kentang sering dijauhi karena mengandung pati yang tinggi, sebenarnya kentang sangat baik untuk membuat kenyang perut dan merupakan sumber vitamin, serat dan nutrisi lainnya. Dibanding dengan makanan lain seperti roti gandum dan beras merah, menurut penelitian, orang merasa kenyang lebih lama setelah makan kentang rebus.

Tips : Makanlah kentang yang direbus atau dipanggang, tapi jangan makan kentang goreng, dan jangan lupa untuk memasaknya bersama kulit agar kenyang lebih lama.

4. Kacang-kacangan

Jumlah kalori : Bergantung pada jenis kacang:
Kacang merah : 155 per 100 g
Kacang polong : 81 per 100 g
Kacang hijau : 31 per 100 g

Kacang-kacangan banyak mengandung air, yang membuatnya menjadi berat dan menjadi pengisi perut yang sempurna. Yang juga memberikan keuntungan ketika mengkonsumsinya adalah karena kacang-kacangan mengandung serat dan pati yang cukup tinggi, ini akan memperlambat pelepasan gula ke pembuluh darah.

Kacang-kacangan juga sangat berguna bagi kesehatan jantung,  sistem pencernaan dan mengontrol kolesterol. Biasakan mengkonsumsi kacangan dalam menu Anda, terutama kacang hijau yang memiliki kalori sangat rendah.

Tips : Tambahkan kacang-kacangan dalam sup Anda. Bila Anda tidak terlalu menyukainya, cukup taburkan sedikit kacang di salad atau makan yang cocok lainnya.

5. Semangka

Jumlah kalori : 30 per 100 g

Makanan paling mengenyangkan tapi juga mengandung jumlah kalori paling rendah tak lain adalah buah semangka. Buah yang selalu mengundang selera dan menyegarkan ini penuh dengan air dan serat yang akan membuat Anda merasa kenyang dalam rentang waktu yang lama.

Selain itu, semangka juga sarat dengan vitamin C. Makanlah beberapa potong semangka saat lapar datang dan Anda akan segera merasa kenyang setelahnya.

Tips : Makanlah potongan dadu semangka seukuran 2 cangkir, ini akan menyediakan separuh dari kebutuhan vitamin C tubuh Anda.

Sumber : cheatsheet.com, abcnews.go.com

loading...