24 November 2015

10 Kekuatan Super Pohon Yang Mengagumkan

Tags

Tipsiana.com - Pohon telah menghiasi alam dengan struktur yang tumbuh alami dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna. Selain memberikan buah-buahan dan biji-bijian bagi hewan dan manusia, pohon juga memurnikan udara dunia dengan oksigen, melindungi kita dari unsur polutan berbahaya dan juga menawarkan rumah bagi banyak mahluk hidup lainnya.

Pohon memang hanya bisa diam, rendah hati dan sama sekali tak pernah menuntut begitu mereka tumbuh, namun mereka ternyata memiliki beberapa kemampuan mengagumkan yang mungkin banyak belum kita ketahui. Fakta-fakta berikut akan membuat Anda merenungkan kekuatan sesungguhnya dari mahluk raksasa yang luar biasa ini.


1. Pohon bisa meledak

Pohon mungkin terlihat tenang dan tak berbahaya, namun beberapa pohon tertentu memiliki kekuatan 'jahat'. Sebuah pohon yang dikenal sebagai  Hura crepitans.L, Penduduk di sekitar hutan Amazon menyebutnya sebagai Pohon Neraka, sementara salah satu familinya yang tumbuh di Indonesia disebut sebagai pohon Buah Roda. Pohon ini mampu tumbuh hingga 30 meter, batangnya tertutupi oleh duri tajam dan rapat serta mengandung racun di bagian kulit, biji dan daunnya.


Tapi semua kesangaran pohon ini belum semua, ketika Buah Roda menebarkan benih, ia melakukannya dengan cara yang tanpa ampun, buah roda yang telah cukup tua akan meledak seperti dinamit dengan suara keras dan menembakkan benih tajam bagai peluru dengan kecepatan hingga 240 km/jam dengan jarak 40 hingga 100 meter.

2. Pohon mempekerjakan bodyguard

Kendati pohon tidak memiliki kemampuan bergerak dan mempertahankan diri, pohon tetap yang terbaik dalam bertahan hidup. Karena pohon tidak bisa mempertahankan diri sendiri, mereka mampu mengadopsi sistem perekrutan cerdas untuk menjaga diri dari predator. Beberapa tanaman melakukan kerjasama dengan semut, yang direkrut sebagai pengawal.


Sementara pohon memberikan semut pengawal ini tempat tinggal dan makanan khusus yang membuat predator lain menjauhinya, pohon menerima perlindungan dari semut sebagai imbalan. Semut akan menyerang apapun yang bisa membahayakan hidup pohon, simbiosis mutualisme ini menjadi pengganti ketidakmampuan pohon untuk mengusir ancaman yang mendatanginya.

3. Pohon tidak bisa dihancurkan

Penggundulan hutan adalah salah satu masalah lingkungan terbesar yang kita hadapai saat ini, tetapi sadarkah kita pohon telah menunjukkan daya tahan yang kuat terhadap situasi itu. Telah banyak ditemukan kalau ternyata beberapa pohon tertentu mampu bertahan dari kematian setelah ditebang.


Bahkan ketika yang tersisa hanya tunggul, pohon-pohon yang luar biasa, terutama yang tumbuh di hutan tropis, mampu menarik nitrogen dan karbon dari udara dan membuat tanah sekitar pohon menjadi subur. Dengan begitu, mereka bisa pulih dan menumbuhkan tunas baru. Kemampuan bernafas dengan nitrogen terdapat di pohon tertentu, memungkinkan mereka untuk bisa mengaktifkan atau menonaktifkannya sesuai dengan kebutuhan.

4. Pohon memiliki kekuatan menyembuhkan

Seperti manusia dan hewan, pohon juga dapat mengobati diri sendiri secara alami, meski dengan cara berbeda. Sebagai bagian dari pemulihan fisiknya, pohon bisa dengan sengaja 'memutilasi' bagian tubuhnya yang rusak.



Dengan cara tersebut, parasit yang menyerang pohon dapat di blokir. Energi pohon selama masa penyembuhan juga akan pulih sehingga bisa menggunakannya untuk menumbuhkan bagian baru sebagai gantinya. Jika kerusakan terlalu besar, pohon mungkin tidak akan mampu bertahan karena pembusukan dan penyakit akan membunuhnya. Namun bila belum terlalu parah, pohon akan mampu melakukan proses oksidasi lukanya.

5. Pohon dapat bertahan hidup dari kebakaran hutan

Pohon eukaliptus memiliki kemampuan pembakar yang tidak biasa, yang membuat mereka memiliki julukan sebagai 'pohon bensin'. Ketika terjadi kebakaran hutan, pohon-pohon ini memberikan kontribusi yang menyebabkan kebakaran semakin meluas. Ini karena eukaliptus menghasilkan minyak alami yang mudah terbakar.



Yang mengejutkan adalah meskipun mereka bisa membuat kebakaran menjadi semakin tak terkendali hanya dalam waktu beberapa menit, pohon-pohon eukaliptus muda masih mampu bertahan hidup dan akan tumbuh berkembang dengan mudah setelah kebakaran padam.

6. Pohon dapat menunjukkan kemarahan

Yang kita semua tahu adalah pepohonan dan tanaman tidak bisa menunjukkan emosi. Namun baru-baru ini, para ilmuwan Perancis telah menemukan dan mendengar suara pohon ketika pohon stres akibat kekeringan. Suara ini diproduksi oleh semacam tabung pohon yang disebut xilem, yang menyedot air dan meningkatkan tekanan bergantung pada jumlah aliran air dan gelembung udara yang masuk. Penyedotan inilah yang menghasilkan suara. Suara pohon bisa berbeda-beda tergantung situasi, fenomena ini disebut sebagai "kavitasi".


7. Pohon memiliki ingatan molekular

Percobaan yang dilakukan para peneliti menemukan bahwa pohon memiliki ingatan pada tingkat molekul. Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan stek batang yang berbeda dari pohon gandarusa (poplar) yang berasal dari dua pembibitan yang berbeda, tetapi memiliki gen yang sama.

Setelah melakukan percobaan yang sama pada keduanya, hasil reaksi stek batang tersebut menunjukkan mereka bisa 'mengingat' dari mana mereka berasal.


8. Pohon ternyata saling berkomunikasi

Sejauh yang kita ketahui, pepohonan tidak dapat berkomunikasi satu sama lain. Namun ada sesuatu dalam perilaku mereka yang menunjukkan kalau mereka sebenarnya saling berkomunikasi. Ternyata komunikasi antar pohon terjadi lewat akar. Telah ditemukan bahwa pohon-pohon hutan telah berbagi sumber daya satu sama dengan memanfaatkan jamur simbiosis, dimana mereka menukar sumber daya seperti air dan karbon, atau memberi makan bibit mereka dengan nutrisi yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.


Kemampuan super ini biasanya digunakan secara khusus oleh 'pohon induk', yang memberi makan nutris penting untuk dedaunan. Inilah yang terus memperkuat kemampuan luar biasa pepohonan untuk bertahan hidup.

9. Pohon dapat hidup 'Abadi'

Swedia adalah rumah bagi pohon tertua yang masih hidup, diperkirakan pohon ini telah ada sejak zaman es terakhir dan kini telah berusia lebih dari 9550 tahun. Pohon ini bernama pohon konifer, meski hanya setinggi 4 meter, ia adalah pohon tertua di dunia.



Pohon tua yang tampak renta ini ternyata punya keajaiban yang sangat aneh. Setiap kali batangnya mati, pohon ini mampu menumbuhkan kloning baru dari akarnya. Dengan kekuatan super ini, pohon konifer telah mampu hidup selama sembilan milenium.

10. Pohon bisa bunuh diri

Oke, bunuh diri mungkin bukan kekuatan super, tapi tetap saja sebuah kemampuan istimewa untuk sebuah pohon. Bunuh diri pohon ini terjadi pada pohon palem di Provinsi Analalava, Madagaskar. Pohon setinggi 18 meter dengan lebar hingga 5 meter dan telah berumur lebih dari 50 tahun ini tiba-tiba mati setelah berbuah sangat lebat.


 Awalnya pohon tua ini tiba-tiba berbunga sangat banyak hingga menarik begitu banyak burung dan kawanan serangga. Setelah bunga berubah menjadi buah, pohon ini mengorbankan dirinya untuk generasi selanjutnya.

 Sumber : listverse.com

loading...