16 Oktober 2015

Tips Jitu Agar Pakaian Tidak Mudah Berbulu

Tags

Tipsiana.com - Saat membeli pakaian anda pastinya menginginkan pakaian yang bisa awet dipakai bertahun-tahun. Sangat disayangkan bila pakaian yang kita beli karena modelnya yang bagus, harus 'lekas pensiun' akibat berbulu dan tidak layak pakai lagi.

Bahan-bahan seperti polyester, spandek rayon merupakan bahan yang sering dipakai untuk pakaian olahraga, t-shirt, gamis dan sweater. Dan bahan jenis ini sangat mudah berbulu setelah pemakaian berulang. Sebenarnya bukan hanya karena pemakaian pakaian menjadi mudah berbulu, cara pencucian dan perendaman juga berpengaruh menjadikan pakaian berbulu.

Untuk itu perlu diperhatikan beberapa tips berikut untuk mencegah dan mengatasi pakaian agar tidak gampang berbulu.



1. Pada saat membeli pakaian perhatikan terbuat dari bahan apa. Pilih yang berserat lebih rapat, serat kain yang jarang kemungkinan kain menjadi berbulu lebih besar.

2. Jangan merendam pakaian lebih dari 1 jam dan jangan mencuci pakaian dengan suhu air diatas 60 derajat celcius. Hal ini bisa membuat pakaian menjadi melebar dan merenggangkan serat kain.

3. Cuci pakaian yang mudah berbulu dengan tangan, cukup dikucek saja dan jangan disikat.

4. Bila menggunakan mesin cuci, cucilah pakaian dengan membalikkan bagian luar ke arah dalam terlebih dahulu. Dengan begitu gesekan yang terjadi hanya pada bagian dalam pakaian.

5. Jangan menggantung pakaian yang berserat jarang terutama sweater karena akan membuat serat kain semakin renggang sehingga pakaian lebih mudah berbulu.


6. Untuk menghilangkan bulu-bulu dari serat pakaian bisa menggunakan gunakan spons pencuci piring kering. Gunakan bagian kasar untuk menggosok pakaian yang berbulu. Gosok dengan perlahan lalu bersihkan bulu-bulu yang telah terlepas dari pakaian.


7. Cara lain untuk menghilangkan bulu pada pakaian bisa menggunakan alat pencukur yang tajam.

loading...