12 Oktober 2015

Meski Memiliki 50 Lajur, Jalan Di China Ini Tetap Macet Parah

Tags

Tipsiana.com - Begitu banyaknya penduduk China yang baru pulang dari liburan panjang membuat jalan raya ini macet parah. Ribuan mobil terjebak macet di rute tol antara Beijing-Hongkong-Macau.

Bila macet yang terjadi setiap hari di Jakarta selalu membuat kita emosi, bayangkan bagaimana rasanya terjebak dalam kemacetan di China. Dalam video dari udara, terlihat tumpukan ribuan mobil memenuhi jalan tol yang memiliki 50 lajur kendaraan. Semua mobil tak bisa bergerak, hanya penumpang dan pengendara yang tampak mondar-mandir dan sebagian bahkan meninggalkan kendaraannya untuk beristirahat di taman-taman pinggir jalan.


Rupanya, penyebab kemacetan adalah dibangunnya sebuah pos pemeriksaan, memaksa lalu lintas yang awalnya berjalan dengan 50 jalur menjadi hanya 20 jalur. Arus kendaraan akhirnya mengalami bottle neck, arus menjadi tersumbat dan macet hingga kiloan meter.


Lebih dari 750 juta orang, atau setengah dari populasi di China diperkirakan melakukan perjalanan wisata pada hari libur kemerdekaan yang sering disebut sebagai minggu emas.


Jangan sampai kita terjebak kemacetan seperti itu.

loading...