22 Oktober 2015

Menilik Uniknya Peralatan Kecantikan Zaman Dulu

Tags

Tipsiana.com - Sebagai pendukung kecantikan wanita, alat kecantikan selalu berinovasi ditiap masanya. Bahkan teknologi saat ini semakin mendukung terhadap kemajuan dunia kecantikan.

Tetapi tahukah anda bagaimana peralatan kecantikan pada masa lalu? Beberapa dari mereka masih bisa ditemui dengan bentuk yang hampir mirip pada saat ini. Tetapi yang lainnya sudah tidak dijumpai lagi karena telah mengalami perubahan bentuk ke bentuk yang lebih praktis.


Sisir Tulang, Abad ke 5 sampai 8 M
Orang-orang dari peradaban kuno Merovingian (saat ini berada di bagian Perancis dan Jerman) merapikan rambut mereka dengan sisir yang terbuat dari tulang yang berasal dari hewan. Selain itu dalam foto ada gunting dan pin rambut dari dinasti berkelas.


Alat Pengeriting dan Pemangkas 575 SM sampai 1194 SM
Alat-alat styling adalah simbol kehidupan orang berkelas di masyarakat Mesir kuno. Alat ini termasuk barang mewah dan hanya digunakan oleh orang-orang kelas atas, benda yang terbuat dari perunggu seperti ini untuk digunakan untuk mengeriting dan memangkas rambut mereka.



Higrometer Rambut, 1783
Pada tahun 1783, Horace Benediktus de Saussure, seorang ahli fisika Swiss dan ahli geologi, membuat higrometer rambut pertama. Apa itu higrometer rambut? higrometer merupakan alat untuk mengukur kelembaban rambut manusia. Pada kondisi rambut kering maka rambut akan menjadi pendek dan alat penunjuk akan bergerak ke atas. Sebaliknya bila rambut lembab, rambut akan lebih panjang sehingga alat penunjuk akan bergerak ke bawah.



Pengering Rambut Thermicon, 1880
Alat pengering yang terbuat dari keramik ini berasal dari Inggris dan sempat populer di tahun 1880 - 1900. Cara kerjanya adalah dengan mengisi air mendidih ke dalam Thermicon lalu dipakai pada rambut seperti menggunakan sisir. Alat pengering rambut ini dapat mengeringkan rambut dalam hitungan menit.



Tang Pengeriting Rambut, 1891
Tang ini berfungsi sebagai penjepit yang digunakan untuk menggulung dan menggelombang rambut dan jenggot sejak zaman awal Romawi. Penggunaan penjepit rambut ini menjadi tren mode di tahun 1890-an . Crompton periting rambut ini menggunakai listrik sebagai pemanas setelah rambut terlebih dahulu dijepit dan digulung dengan tang penjepit.


Sikat Rambut Elektrik, Akhir 1890
Diciptakan oleh Charles Klein, sikat rambut elektro-profilaksis ini terbuat dari batang besi dan sedikit magnet. Dengan kandungan magnet yang terdapat pada sisir dipercaya dapat meringankan sakit kepala dan mencegah kebotakan.


Pengering Rambut, 1935
Pada tahun 1935, perangkat pengeringan rambut ini dibuat dengan mengambil bentuk mengikuti tren rambut di London.


Mesin Penggelombang Rambut, 1939
Seorang wanita di salon kecantikan Em Westmore sedang menggunakan alat yang menjepit selutuh rambutnya melingkar di mesin listrik penggelombang permanen,. Alat ini digunakan untuk rambut panjang.


Sumber : Good house keeping

loading...