11 Oktober 2015

Beginilah Keagresifan Sel Darah Putih Serang Penyakit

Tags

Tipsiana.com - Tubuh manusia dewasa memiliki 100.000.000.000 sel yang dirancang untuk melakukan fungsi kehidupan esensial. Salah satunya adalah sel darah putih (leukosit) yang membentuk komponen darah. Dalam setetes darah manusia dewasa yang sehat terdapat 7.000 - 25.000 sel darah putih. Sel ini berfungsi membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi.

Sebuah penelitian memperlihatkan bagaimana sel darah putih bekerja melawan larva nematoda (larva cacing) dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dalam video ini terlihat sel darah putih eosinofil menyerang larva nematoda dan melepaskan enzim untuk melemahkan dan menghancurkan larva cacing gelang.


Pada dasarnya cara kerja sel darah putih melawan infeksi adalah dengan mengepung daerah yang terkena infeksi, menangkap organisme hidup dan menghancurkannya, menyingkirkan bahan lain seperti kotoran, serpihan dengan cara yang sama dengan mengeluarkan enzim yang dapat memecah protein sehingga jaringan luka cepat terbuang dan penyembuhan segera dilakukan.


Dalam video lain terlihat sel darah putih bekerja melawan bakteri dengan cara mengejar dan menangkap Staphylococcus aureus melalui sel darah merah. Bakteri ini yang menyebabkan timbulnya nanah pada bisul atau jerawat.


Sumber : Wikipedia, youtube

loading...