20 Oktober 2015

7 Penyebab Cepat Lelah Yang Tak Anda Sadari

Tipsiana.com - Mungkin anda sering mengeluh mengapa tubuh anda cepat lelah, padahal kegiatan harian anda sebenarnya tidak terlalu menyibukkan. Dan ternyata banyak hal yang tanpa disadari menjadi pemicu kelelahan anda.

Stress salah satu penyebab seseorang mudah menjadi lelah, hal ini dapat menyebabkan insomnia. Kurangnya tidur membuat anda lebih mudah marah dan cemas. Masalah yang belum selesai akan membuat lebih sulit untuk tidur hingga malam berikutnya. Selain stress masih banyak lagi penyebab mengapa anda cepat lelah yang tanpa sadar selalu terjadi dikeseharian anda.


1. Bangun Tidur yang Kesiangan
Kebiasaan menggunakan alarm dan memanfaatkan waktu tidur hingga detik terakhir malah hanya akan membuat anda semakin malas untuk bangun. Karena bangun yang terpaksa mengakibatkan tubuh anda terasa lelah saat bangun dari tidur. Tidur lebih awal agar bangun lebih pagi, rutinitas seperti ini membantu tubuh menjadi lebih segar saat beraktifitas di siang harinya dan mengoptimalkan kinerja anda selama bekerja.

2. Kehidupan Anda Dikelilingi Orang Beracun
Di lingkungan kerja ataupun kehidupan pribadi anda selalu dikelilingi oleh orang-orang yang suka mengeluh baik sahabat, rekan kerja maupun keluarga dan membuat anda merasa tertekan. Berada diantara orang-orang yang sinis dan cenderung suka mengeluh akan menguras energi anda. Kenali 10 tipe orang yang patut diwaspadai dan dihindari. Dan menyingkirlah dari hal-hal yang hanya membuang-buang waktu anda, berpikiran positif dan selalu bersyukur akan mengembalikan kembali energi anda.

3. Kurangnya Magnesium
Magnesium dibutuhkan sebagai mineral relaksasi, magnesium membantu meningkatkan efektivitas tidur anda. Untuk mendapatkan dosis yang sesuai disarankan mengkonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat dan sayuran hijau.

4. Kehidupan Seks yang Tertunda
Bagi orang-orang yang sudah berumah tangga kebanyakan mengeluhkan terlalu lelah untuk melakukan hubungan intim karena aktifitas yang berlebihan. Sebenarnya keintiman dapat membantu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini karena orgasme melepaskan prolaktin, yang secara alami lebih tinggi ketika kita tidur.

5. Tidak Mendapatkan Sinar Matahari yang Cukup
Orang yang cukup mendapatkan sinar matahari dipagi hari, produksi melatonin nokturnal mereka akan lebih cepat sehingga dapat tidur malam lebih cepat. Sinar matahari mengandung vitamin D yang mampu menangkal penyakit. Berjemur cukup dilakukan 1 - 2 jam pada pagi hari, hindari berlama-lamaan di bawah sinar matahari karena dapat menyebabkan kanker kulit.

6. Kamar Tidur yang Berantakan
Menurut National Sleep Foundation kamar yang berantakan dapat menurunkan kualitas tidur seseorang. Dengan begitu kebersihan dan kerapian kamar tidur sangat perlu, sehingga tidur anda akan lebih nyaman.

7. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Karbohidrat
Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, roti dapat menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh dan dapat memicu berbagai penyakit seperti jantung dan diabetes. Untuk itu kurangi konsumsi karbohidrat, ganti dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur mayur.

Sumber : Good housekeeping

loading...