13 Oktober 2015

12 Bulan Menuju Anda Yang Lebih Sehat

Tipsiana.com - Setiap perubahan itu sulit, terutama bila merubah kebiasaan menuju hidup sehat. Berdasarkan penelitian sebuah Universitas di London, seseorang memelukan waktu rata-rata 66 hari untuk merubah kebiasaan baru.

Lakukan perubahan tersebut dengan perlahan, gunakan tiap bulan yang anda miliki dengan kebiasaan baru yang baik bagi tubuh anda. Meski membutuhkan waktu yang lama namun dengan pencapaian baru tiap bulannya, dipastikan tahun depan anda sudah menjadi anda yang lebih sehat sepenuhnya.

Terapkan kebiasaan-kebiasan kecil berikut ini untuk menjadikan diri anda lebih baik.


Januari
Perbanyak minum air putih
Kedengarannya memang simpel tapi kebiasaan ini justru baik bagi tubuh anda. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa rajin minum air putih dapat menurunkan berat badan. Meski minum air putih delapan gelas sehari ternyata mitos, namun memperbanyak minum air putih membuat perut terasa kenyang sehingga porsi makanpun akan berkurang. Air juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Februari
Jadikan sarapan sebagai prioritas

Sebuah studi menunjukkan 78 persen orang yang rajin sarapan bisa menurunkan berat badannya sebanyak 15 kilo atau lebih. Sarapan yang dikonsumsi berupa semangkuk sereal dengan susu rendah lemak, yoghurt dan buah-buahan.

Maret
Tambah jam tidur anda
Bagi anda yang senang begadang, mulailah tinggalkan kebiasaan tersebut. Tidur yang cukup memberi manfaat kesehatan bagi tubuh sehingga tidak gampang sakit. Sakit yang biasa diidap jika kurang tidur antara lain deman dan flu, diabetes serta penyakit jantung. Tidurlah 7 atau 8 jam sehari untuk tubuh yang lebih sehat. Bila anda mengalami kesulitan tidur, coba tips tidur nyenyak yang menyehatkan berikut ini.

April
Buat catatan makanan
Berdasarkan penelitian, menuliskan makanan yang telah anda makan dapat menurukan dua kali lipat berat badan anda. Dengan menuliskannya anda bisa melacak makanan apa saja yang sudah anda makan, sehingga anda sadar makanan mana saja yang baik dan tidak baik bagi kesehatan anda.

Mei
Mulailah kebiasaan berjalan
Berjalan merupakan latihan fisik yang tidak membutuhkan peralatan khusus dan dapat dilakukan dimana saja. Yang anda butuhkan adalah jalan cepat selama 30 menit, 5 hari selama seminggu. Jika anda tidak memiliki banyak waktu bisa dikurangi dengan berjalan cepat selama 10 -15 menit 2 - 3 hari dalam seminggu.

Juni
Makan buah dan sayur
Buah dan sayur penting bagi tubuh karena makanan ini rendah kalori. Rajin makan buah dan sayuran membantu menurunkan berat badan dan mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa tipe kanker.


Juli
Kurangi porsi makan
Makanan enak kadang membuat kita lupa segalanya, sehingga makan berlebih-lebihan sampai kekenyangan. Ganti piring makan malam anda dengan piring yang berukuran kecil, dengan begitu porsi makan juga ikut berkurang.

Agustus
Kurangi konsumsi daging
Mulailah mengurangi konsumsi daging terutama daging merah. Terbukti dengan mengurangi konsumsi daging merah dapat menurunkan resiko penyakit kanker dan jantung.

September
Cari teman untuk berolah raga bersama
Berolah raga bersama teman bisa lebih memotivasi untuk meningkatkan latihan anda. Dan juga olah raga menjadi semakin menyenangkan dengan memasukkan elemen sosial kedalamnya.

Oktober
Makan perlahan
Makan yang baik adalah dengan perlahan. Otak membutuh waktu 20 menit untuk mengirimkan sinyal bahwa perut telah kenyang. Makan perlahan juga membuat anda menjadi sedikit konsumsi kalori.

November
Kurangi bersama gadget
Penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menyebabkan depresi, stres dan mengganggu tidur. Karena kurangi penggunaan gadget untuk hal yang kurang perlu dan manfaatkan waktu anda untuk diri sendiri atau bersama orang yang dicintai

Desember
Jangan lewatkan makan
Jangan biarkan agenda yang telah anda jalani gagal. Anda mungkin akan melewatkan waktu makan malam atau makan siang anda demi sebuah undangan makan. Menunda jam makan malah akan membuat makan anda menjadi tak terkendali.

Sumber : Ehow 

loading...