15 September 2015

Ukiran Terpanjang di Dunia Dengan Detail Mengagumkan

Tags

Tipsiana.com - Butuh waktu 4 tahun bagi Zheng Chunhui agar bisa diakui dan masuk catatan Guinness Book of Records sebagai pemahat yang mampu membuat ukiran kayu terpanjang di dunia.

Chunhui adalah seorang pemahat kayu terkenal, dan adikarya sang maestro ini adalah sebuah ukiran kayu sepanjang 12 meter yang terbuat dari sebatang pohon dengan detail menakjubkan.

Selain panjang ukiran yang mengagumkan, ukiran ini juga memiliki tinggi hingga 3 meter dan lebar 2,4 meter. Pekerjaan mengukir yang luar biasa rumit ini menghasilkan 3 buah ukiran berbentuk kapal, sebuah ukiran jembatan dan 550 sosok manusia yang diukur secara individual dan rumah-rumah dengan detail luar biasa. Ada patung mini yang sedang membawa barang, berbelanja ke pasar, sedang mengobrol dan keseharian suasana desa lainnya.


Adegan yang digambarkan dalam ukiran kolosal ini merujuk pada sebuah lukisan Cina yang sangat terkenal 'Sepanjang Sungai di saat Festival Quinming', yang dilukis lebih dari 1000 tahun yang lalu pada masa dinasti Song oleh seniman Zhang Zeduan. Lukisan yang dijuluki sebagai 'Monalisa China' ini adalah salah satu gambaran terbaik tentang budaya Cina pada masa lalu.


Karyanya ini dianugerahi rekor dunia pada Kamis pekan lalu sebagai bagian dari hari Guinness World Records. Ukiran kolosal Chunhui ini diresmikan di Museum istana Beijing, di lokasi yang sama tempat lukisan kolosal itu berada.










loading...