30 September 2015

Tips Membuat Kompor Alternatif Dari Kaleng Minuman

Tags

Tipsiana.com - Ide berikut ini sangat mudah untuk anda buat sendiri. Bisa diterapkan seperti saat camping, sehingga anda tidak perlu repot-repot membawa kompor yang cukup memakan tempat karena ukurannya yang besar. Atau juga bisa digunakan saat keadaan darurat, ketika bahan bakar mulai langka.

Bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah didapatkan. Tutorial ini akan mengajarkan anda bagaimana membuat kompor kecil menggunakan kaleng bekas minuman ringan. Hanya dengan bahan-bahan sederhana dan anda sudah bisa memasak makanan yang anda inginkan.


Yang harus disiapkan adalah :
  • Kaleng minuman ringan 3 buah
  • Paku untuk membuat lubang atau alat pelubang lainnya
  • Spidol
  • Penggaris
  • Cutter
  • Gunting
  • Tape logam atau aluminium foil
  • Alkohol sebagai bahan bakar
Langkah 1 : Buat lubang-lubang kecil menggunakan paku dibagian pinggir belakang kaleng minuman. Kemudian lubangi bagian tengah kaleng.

Langkah 2 : Ukur setinggi 1,5 cm kaleng dengan penggaris, tandai dengan spidol. Potong kaleng, beri jarak pada ukuran sebenarnya lalu potong menurut garis.
Langkah 3 : Kaleng yang telah dipotong kemudian potong kembali sekelilingnya seperti pada gambar. Ambil kaleng kedua ukur setinggi 2,5 cm, tandai dengan spidol lalu potong.
Berikut hasil dari kedua kaleng yang telah dipotong





Langkah 4 : Ambil kaleng ketiga, potong untuk diambil bagian tengahnya kemudian potong memanjang dengan lebar 3,5 cm.
Langkah 5 : Plat kaleng ini nantinya akan dimasukkan ke dalam kaleng kedua. Tetapi terlebih dahulu dibuat belah pada tiap sisi plat agar bisa saling terkait.
Setelah itu buat tiga takik kecil dengan ukuran yang sama di salah satu sisi plat.
Langkah 6 : Masukkan plat yang sudah rapi kedalam kaleng kedua, kemudian tutup dengan kaleng pertama. Selanjutnya rekatkan tape tahan panas agar kompor terlihat lebih rapi.
Langkah 7 : Kompor kaleng minuman sudah hampir selesai. Untuk memudahkan pemadaman kompor, ambil sisa bagian belakang kaleng ketiga tadi. Potong tutup sesuai dengan lubang-lubang kompor agar bisa menutup sempurna. Kompor darurat pun selesai, isi bagian tengah kompor dengan alkohol dan kompor siap digunakan.

loading...