22 September 2015

Sembilan Keajaiban Tubuh Manusia

Tags

Tipsiana.com - Tubuh manusia adalah sebuah keajaiban biologi. Begitu banyak yang bisa kita pelajari dari tubuh kita, namun semakin kita mempelajarinya, semakin banyak keajaiban yang kita temukan. Mungkin karena kita setiap hari menggunakannya, kita tak sadar betapa hebatnya fungsi dan kemampuan anggota tubuh yang kita miliki.

Berikut adalah beberapa dari keajaiban tubuh yang kebanyakan dari kita tidak menyadarinya.


Manusia memiliki kompas di hidungnya

Hidung manusia mengandung sejumlah kecil magnetit, zat magnet yang juga ditemukan pada lumba-lumba, kelelawar, dan burung merpati. Kesemua hewan tersebut memiliki kemampuan navigasi yang bisa menentukan arah agar tidak tersesat. Bagaimana dengan kita?

Otot terkuat di tubuh manusia adalah otot rahang

Otot rahang Anda mampu memberikan tekanan sebesar 200 psi. Tekanan tersebut memiliki kekuatan 40% lebih kuat dari semua primata, dan mampu menimbulkan kerusakan yang signifikan bila diperlukan.

Manusia dapat berlari lebih jauh dari semua binatang

Kita memang bukan yang tercepat dalam berlari, tapi kita bisa mengalahkan semua binatang bila diberi cukup waktu berlari. Faktanya, di berbagai tempat di Afrika, para pemburu hanya perlu mengejar binatang buruannya hingga terkapar akibat kelelahan.

Manusia mampu melempar benda dengan kuat dan memiliki akurasi tinggi 

Ketika banyak monyet mampu melempar sesuatu dengan kuat, manusia bahkan memiliki kombinasi antara kemampuan melempar dengan kuat dan memiliki akurasi. Ini adalah salah satu dari banyak sifat yang membantu kelangsungan hidup manusia, yang membuat manusia lebih mudah dalam berburu dan mempertahankan diri.


Ada emas di setiap tubuh kita

Ada sekitar 0,2 mg emas dalam setiap tubuh manusia, namun ini bukanlah senyawa yang paling berharga di tubuh kita. Tubuh manusia juga memiliki kandungan scandium, yang bernilai ratusan juta rupiah per kilogramnya.

Kuping manusia unik dan berbeda satu dengan lainnya

Kuping kita ternyata sama seperti sidik jari, setiap kuping manusia ternyata berbentuk unik dan berbeda antara manusia satu dengan yang lainnya.

Hati memiliki lebih dari 500 fungsi

Hati adalah salah satu organ dengan fungsi paling kompleks di tubuh manusia. Ia bekerja dengan melakukan lebih dari 500 fungsi, termasuk memproduksi empedu, membersihkan darah dari racun, membangun sistem imun tubuh dan banyak lagi.


Memercikkan wajah dengan air akan membuat tubuh manusia masuk kedalam 'mode berenang'

Ketika percikan air dingin mengenai wajah kita, tubuh Anda akan memasuki keadaan yang disebut Mammalian diving refleks, refleks menyelam mamalia. Keadaan ini akan membuat tubuh memperlambat denyut jantung hingga 10 - 25 % dan mengoptimalkan pernafasan Anda.

Rambut manusia sangat kuat

Sehelai rambut manusia mampu menahan beban sebesar 100 gram. Sehingga, seluruh rambut yang ada di kepala akan mampu menahan beban 2 ekor gajah dewasa (150.000 rambut - 15 ton beban).


loading...