8 September 2015

Rahasia Agar Bunga Potong Tetap Segar dan Tahan Lama

Tags

Tipsiana.com -  Menerima hadiah seikat bunga pastilah menyenangkan. Warna-warninya akan membuat suasana rumah Anda menyenangkan, dan harumnya akan membawa memori kita melayang ke kebun bunga yang indah. Tapi sayangnya, karangan bunga biasanya tidak bisa bertahan lama, dan bunga yang mulai layu menjadi pemandangan yang menyedihkan dan akhirnya bunga-bunga tersebut harus lebih cepat berakhir di tong sampah.

Dengan mengikuti beberapa tips sederhana ini, anda akan dapat memperpanjang usia bunga yang biasanya hanya beberapa hari menjadi berumur hingga 3 minggu. Jadi, inilah cara agar karangan bunga tetap segar dan tahan lama.


1. Tes Kesegaran Mawar

Saat Anda sedang memilih karangan bunga untuk dibeli, lihat bagian bawah kelopak untuk mengetahui berapa banyak kelopak yang telah dibuang sebelumnya. Mawar yang segar hanya memiliki satu atau dua kelopak yang dibuang, dan semakin banyak kelopak yang hilang, maka semakin cepat mawar tersebut akan layu.

2. Kebanyakan bunga tidak memiliki aroma harum

Hidung Anda baik-baik saja, kebanyakan bunga hias tidak memiliki bau. Petani cenderung mengembangbiakkan bunga yang besar dan tahan lama, namun belum tentu berbau harum.

3. Jangan letakkan bunga di dekat jendela

Walu akan terlihat sangat menarik bila terkena sinar matahari, namun sinar matahari ternyata akan mempercepat proses pelayuan dan bunga akan segera layu dalam satu atau dua hari. Lebih baik meletakkan pot bunga di tempat yang teduh.


4. Cucilah vas bunga setiap selesai menggunakannya

Jangan letakkan bunga ke vas sebelum Anda mencuci bersih vas bunganya. Bakteri dan jamur dari kuntum bunga sebelumnya akan mempercepat proses pembusukan dan bunga baru Anda akan mati dalam waktu singkat. Untuk hasil terbaik, cuci vas dengan alkohol atau zat pemutih.

5. Buah-buahan adalah musuh bunga

Meletakkan karangan bunga bersebelahan dengan mangkuk penuh buah pastinya nampak indah, tapi sayangnya ini juga akan memperpendek usia hidup bunga-bunga Anda. Buah-buahan mengeluarkan gas yang disebut gas etilen, yang akan mempercepat proses pembusukan tanaman.

6. Jauhkan bunga dari AC

Bunga senang di kondisi lingkungan yang lembab, dan pendingin ruangan akan mengeringkan udara, dan akhirnya memperpendek umur bunga Anda.

7. Ganti air secara berkala

Air yang tergenang adalah tempat berkembang biak bakteri, jamur dan alga. Semua mahluk itu dapat mempercepat proses pembusukan. Dengan mengganti air vas setiap hari, Anda akan memperpanjang usia bunga.


8. Jangan gunakan gunting

Hindari memotong batang dengan gunting. Lebih baik menggunakan pisau tajam tanpa tepi yang bergerigi. Dengan pisau memungkinkan kita mendapatkan hasil potongan diagonal, tanpa harus melukai batang. Dan sebaiknya potonglah batang setiap 3 - 4 hari.

9. Membuang Daun

Sebaiknya Anda memotong setiap daun yang menyentuh air dengan menggunakan gunting. Karena bila tidak, daun tersebut akan mengakibatkan tumbuhnya bakteri atau jamur.

10. Jangan ubah bentuk bunga Anda

Hindari mematahkan, membengkokkan atau merusak batang. Batang sangat penting untuk menyalurkan nutrisi pada bunga.  Bila bunga Anda rusak, lebih baik segera membuangnya dari vas.

 

11. Jangan beli karangan bunga di jalan

Karangan bunga di jalan sering terlalu lama terpapar matahari. Kondisi ini akan membuat bunga tidak segar. Belilah bunga di toko Favorit Anda untuk memastikan bunga yang Anda beli masih segar.

12. Jangan pakai air dingin

Jika Anda tidak suka air dingin, bunga juga begitu. Saat pertama kali menaruh bunga kedalam vas, atau saat mengganti air, pastikan gunakan air hangat suam-suam kuku.

13. Gunakan "Formula Ajaib"

Selain menggunakan air biasa, Anda bisa membuat formula ajaib yang terdiri dari campuran 4 bagian air, 1 bagian Sprite (Non diet) dan beberapa tetes bahan pemutih. Menggunakan air sulingan lebih baik dibanding air biasa.

loading...