18 September 2015

Mengungkap Kepalsuan Dibalik Foto Instagram

Tipsiana.com - Setiap hari, ribuan orang di Instagram mengirim foto untuk menciptakan identitas baru untuk diri mereka sendiri. Paling tidak itulah pesan dibalik beberapa foto yang diambil seorang fotografer asal Bangkok, Chompoo Baritone, yang menunjukkan betapa banyak kepalsuan yang ada dalam foto-foto yang beredar di Instagram.

Banyak seniman, seperti fotografer anonim di belakang Hipster Barbie, mengkritik cara orang menggunakan Instagram untuk membuat hidup mereka tampak menakjubkan dan membuat orang-orang menerapkan standar hidup yang tak realistis dalam foto mereka.


Pemotongan foto yang rapi dan penggunaan software untuk memperindah foto dapat membuat lingkungan atau objek yang sebenarnya biasa saja berubah menjadi luar biasa. Keinginan orang untuk dikagumi membuat mereka menggunakan segala cara untuk memanipulasi foto mereka.

Baca juga : Nenek Ini Mengajarkan Kita Betapa Indahnya Dunia Tanpa Gadget

Baritone menangkap kepalsuan ini dalam foto-foto kreatifnya sebagai gambaran yang sekarang banyak terjadi di akun-akun Instagram. Dan foto-fotonya ini membuat banyak orang tersadar akan pentingnya jati diri seseorang. Ternyata, kejujuran menjadi sesuatu yang langka di dunia maya.








Film pendek ini juga bisa menjadi cermin untuk kita agar tak perlu memasang foto palsu di Instagram:


Hadapilah kenyataan.

Baca juga :  10 Kartun Ironi Alat Komunikasi Yang Malah Mematikan Komunikasi

loading...